Az Zahroh, Huwaidah (2023) Peranan Orang Tua Dalam Membentuk Kecerdasan Emosional Anak tingkat Sekolah Dasar di Desa Padukuhan Kraton RW.07. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2117167_HUWAIDAH AZ ZAHROH BAB I-V.pdf Download (7MB) |
|
Text
2117167_HUWAIDAH AZ ZAHROH FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Keluarga merupakan suatu kelompok kecil yang ada didalam masyarakat yang terdiri dari dua pasang insan manusia yaitu suami dan istri yang terikat dalam suatu pernikahan yang suci. Setiap pasangan yang sudah menikah pasti akan mendambakan hadirnya seorang anak. Ketika seorang anak hadir didalam sebuah keluarga maka yang pertama dilihatnya dalah sosok orangtua yang akan menjadi sosok panutan bagi kehidupan kelaknya nanti. Keluarga juga merupakan lingkungan pertama yang dikenal oleh anak karena di keluarga inilah anak pertama kalinya mendapatkan pendidikan dan bimbingan dari orang tuanya. Rumusan masalah dalam ini adalah 1) Bagaimana potensi kecerdasan emosional pada anak tingkat Sekolah Dasar di Desa Kraton Lor RW 07? 2) Bagaimana peran orang tua dalam pendidikan keluarga pada anak tingkat Sekolah Dasar di Desa Kraton Lor RW.07? 3) Bagaimana peranan orang tua dalam membentuk kecerdasan emosional pada anak tingkat Sekolah Dasar di Desa Kraton Lor RW 07? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan orangtua dalam membentuk kecerdasan emosional pada anak tingkat Sekolah Dasar di Desa Kraton Lor RW.07 Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini, 1) Potensi kecerdasan emosional pada anak tingkat sekolah dasar di Desa Kraton Lor baik. 2) Ada beberapa metode yang digunakan oleh para orang tua dalam mengembangkan Kecerdasan Emosional anak-anaknya. Seperti: Orang tua sebagai Modl, Orang tua Pengasuh, Orang tua Pendidik, Orang tua sebagai Motivator. 3) Dari beberapa metode yang digunakan orang tua. Orang tua sebagai Model lah cara yang paling efektif dalam mengembangkan kecrdasan emosional pada anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peranan Orang Tua, Kecerdasan Emosional | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
Date Deposited: | 25 Jun 2024 03:40 | ||||||||
Last Modified: | 25 Jun 2024 03:40 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8569 |
Actions (login required)
View Item |