Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Teori Nolting

Lestari, Pertiwi (2024) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Teori Nolting. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2617093_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2617093_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang sering kali melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. Dalam menyelesaikan soal matematika perlu adanya ketelitian dalam perhitungan, pemahaman konsep, penggunaan prosedur yang benar, dan sebagainya, sehingga kesalahan ini perlu diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan yang terus menerus dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik selama menyelesaikan soal matematika. Selama menyelesaikan masalah setiap peserta didik memiliki kesalahan-kesalahan yang berbeda. Oleh karna itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan peserta didik berdasarkan teori nolting pada saat menyelesaikan soal matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah kelas X di SMA N 1 Wonotunggal. Penelitian ini menggunakan delapan orang peserta didik sebagai subjek wawancara. Subjek mewakili tipe kesalahan dengan jenis kesalahan Careless Errors, jenis kesalahan Concept Errors, jenis kesalahan Application Errors dan jenis kesalahan Test Taking Errors. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penerikan kesimpulan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar tes dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan menujukkan bahwa peserta didik kelas X di SMA N 1 Wonotunggal melakukan kesalahan ketika menyelesaikan soal-soal terkait materi Baris dan Deret. Dimana 40% peserta didik melakukan jenis kesalahan Careless Errors (Kesalahan Karena Kecerobohan) pada soal nomor 1, 32% peserta didik melakukan jenis kesalahan Concept Error pada soal nomor 2, 64% peserta didik melakukan jenis kesalahan Application Errors (Kesalahan Aplikasi) pada soal nomor 3 dan 24% peserta didik melakukan jenis kesalahan Test Taking Errors (Kesalahan Prosedur Tes) pada soal nomor 4.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPramesti, Santika Lya DiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kesalahan, Soal Matematika, Teori Nolting
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 26 Jun 2024 08:22
Last Modified: 26 Jun 2024 08:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8595

Actions (login required)

View Item View Item