Implementasi model pembelajaran direct instruction pada mata pelajaran akidah akhlak untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII dan IX di SMP Islam Simbang Wetan

Shofa, Muna (2023) Implementasi model pembelajaran direct instruction pada mata pelajaran akidah akhlak untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII dan IX di SMP Islam Simbang Wetan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2118194_MUNA SHOFA BAB I-V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2118194_MUNA SHOFA FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa pengetahuan dan pemahaman peserta didik tentang nilai ajaran akidah akhlak dapat mempengaruhi kesadaran peserta didik dalam berbuat dan bertingkah laku, dan dengan adanya perbedaan setiap peserta didik dalam kemampuan intelektual sehingga dalam proses pembelajaran masih ada peserta didik yang mengalami kesulitan belajar. Dalam hal ini peeliti menghubungkan masalah prestasi dan hasil belajar mata pelajarn akidah akhlak dengan tingkah laku dan model belajar peserta didik di SMP Islam Simbang Wetan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran direct instruction pada mata pelajaran akidah akhlak di SMP Islam Simbang Wetan. (2) untuk mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan pembelajaran direct instruction pada mata pelajaran akidah akhlak. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala SMP Islam Simbang Wetan, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, bagi para guru Sekolah Menengah Pertama Islam Simbang Wetan sebagai masukan untuk memperbaiki akhlak dan prestasi belajar. Bagi para pembaca atau peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Metode penelitian yang digunakan (1) pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan), (2) dalam pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, (3) teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak dengan model pembelajaran direct instruction. Peserta didik menjadi lebih aktif dan bersemangat dalam belajar dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction, lebih nyaman dengan metode yang digunakan seperti: memberikan infromasi, tanya jawab atau tutor sebaya, dan berkelompok. dengan menggunakan model tersebut hasil belajar siswa SMP Islam Simbang Wetan lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAlyan, FatwaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, Strategi, Kelebihan dan kekurangan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 26 Jun 2024 03:06
Last Modified: 26 Jun 2024 03:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8599

Actions (login required)

View Item View Item