Internalisasi Nilai-Nilai Inter-religius Melalui Kurikulum Merdeka dalam Mewujudkan Sikap Moderasi Beragama Siswa SMA Negeri 1 Kota Pekalongan

Bulqois, Nabilah (2024) Internalisasi Nilai-Nilai Inter-religius Melalui Kurikulum Merdeka dalam Mewujudkan Sikap Moderasi Beragama Siswa SMA Negeri 1 Kota Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
50222017_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
50222017_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Indonesia merupakan negara yang heterogen dengan berbagai macam keyakinan. Hiterogenitas tersebut tidak bisa dipungkiri akan memunculkan konflik sosial, yang meskipun satu sisi juga dapat menjadi ajang persatuan. Akan tetapi, heterogenitas justru banyak melahirkan gerakan intoleran dan radikal. Bahkan beberapa tokoh menyebutkan usia sedang mengenyam pendidikan paling rentan terpapar paham radikal. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah alternatif untuk mengatasi problem tersebut yakni dengan membentuk sikap moderat dalam beragama, salah satunya melalui internalisasi nilai-nilai Inter-religius melalui kurikulum merdeka sebagaimana yang diterapkan di Sekolah Menengah Atas. Untuk itu, dalam penelitian ini akan mengkaji terkait internalisasi nilai-nilai inter-religius melalui kurikulum merdeka yang ada di SMA Negeri 1 Kota Pekalongan. Berdasarkan latar belakang di atas, dapat dirumuskan permasalahannya yaitu: (1) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai inter-religius melalui kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Kota Pekalongan? (2) Bagaimana bentuk pelaksanaan internalisasi nilai-nilai inter-religius melalui kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Kota Pekalongan? (3) Bagaimana internalisasi nilai-nilai inter-religius melalui kurikulum merdeka mampu mewujudkan sikap moderasi beragama di SMA Negeri 1 Kota Pekalongan?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis proses internalisasi nilai-nilai inter-religius melalui kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Kota Pekalongan (2) Untuk menganalisis bentuk pelaksanaan internalisasi nilai-nilai inter-religius melalui kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Kota Pekalongan (3) menganalisis internalisasi nilai-nilai inter-religius melalui kurikulum merdeka mampu mewujudkan sikap moderasi beragama di SMA Negeri 1 Kota Pekalongan. Studi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Pendekatan ini dipilih sebab untuk menganalisa fenomena individu (siswa), yakni pengalaman dan tindakan tiap individu yang direfleksikan ke dalam kehidupan nyata (interaksi sosial). Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan di akhiri dengan penarikan kesimpulan. Temuan studi ini menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai inter-religius melalui kurikulum merdeka di SMAN 1 Kota pekalongan berlandaskan pada kebersamaan, kesetaraan dan saling menghargai. Internalisasi nilai-nilai inter-religius di SMAN 1 dilaksanakan melalui proses transformasi nilai, transaksi nilai dan trans-internalisasi nilai. Selanjutnya bentuk pelaksanaan nilai-nilai inter-religius melalui kurikulum merdeka dilakukan melalui tiga kegiatan, yaitu intrakulikuler, kokulikuler dan ekstrakulikuler. Dari ketiga kegiatan ini terjadi interaksi sosial lintas agama melalui kegiatan bersama, sehingga menjadikan siswa mampu bersikap terbuka, dan toleran terhadap keberagaman yang ada di sekitarnya. Nilai-nilai inter-religius dan kurikulum merdeka memiliki tujuan yang sama yaitu mencapai pada sikap saling menghormati keberagaman. Dengan adanya kurikulum merdeka yang berasakan nilai pancasila dan disertai internalisasi nilai-nilai inter-religius, maka seorang siswa lebih bisa bersikap moderat dan toleran terhadap perbedaan yang ada. Novelty dari penelitian ini ialah internalisasi nilai-nilai inter-religius yang dibalut dengan profil pelajar pancasila, disusun secara sistematis melalui kurikulum merdeka dan diaktualisasikan ke dalam kehidupan sosial sehari-hari, sehingga tepat jika internalisasi nilai-nilai inter-religius melalui kurikulum merdeka dapat mewujudkan sikap moderasi beragama.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuslih, Moh.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Internalisasi Nilai-Nilai Inter-religius, Kurikulum Merdeka, Moderasi Beragama.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 26 Jun 2024 04:23
Last Modified: 26 Oct 2024 03:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8607

Actions (login required)

View Item View Item