Sunarko, Moh. Heru (2024) Pembinaan kompetensi profesional guru PAI dalam proses pembelajaran berdasarkan kurikulum merdeka melalui komunitas guru belajar nusantara Pekalongan. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
Cover_Bab I dan Bab VII.pdf Download (846kB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Kompetensi profesional guru sangat dibutuhkan sebagai upaya proses pembelajaran yang lebih baik. Demikian halnya di dalam Komunitas Guru Belajar Nusantara Pekalongan. Guru-guru yang tergabung dalam komunitas ini telah membuktikannya. Peserta didik akan termotivasi untuk belajar dan berprestasi. Karena guru yang profesional akan mampu melakasanakan strategi pembelajaran dan menyajikan materi dengan baik dan menyenangkan serta tidak hanya berorentasi kepada ketuntasan belajar saja tetapi pada proses tumbuh kembang potensi peserta didik yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah: Sejauh mana efektivitas program Komunitas Guru Belajar Nusantara Pekalongan dalam menguatkan kompetensi profesional guru PAI untuk implementasi Kurikulum Merdeka? Bagaimana pembinaan kompetensi profesional guru PAI dalam proses pembelajaran berdasarkan Kurikulum Merdeka melalui Komunitas Guru Belajar Nusantara Pekalongan? Tujuan penelitian adalah : Menganalisis efektivitas program Komunitas Guru Belajar Nusantara Pekalongan dalam menguatkan kompetensi profesional guru PAI untuk implementasi Kurikulum Merdeka. Menganalisis pembinaan kompetensi profesional guru PAI dalam proses pembelajaran berdasarkan kurikulum merdeka melalui Komunitas Guru Belajar Nusantara Pekalongan.. Kegunaan penelitian ini adalah : Memberikan motivasi bagi guru PAI untuk meningkatkan kompetensi profesionalnya di era Kurikulum Merdeka melalui peran Komunitas Guru Belajar Nusantara Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data melalui : interview, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya deskriptif dengan tiga jalur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan (1) Program yang diselenggarakan oleh Komunitas Guru Belajar Nusantara Pekalongan yaitu Temu Pendidik Daerah, Temu Pendidik Nusantara, dan Ramadhan Semangat Belajar sudah efektif untuk membina kompetensi profesional guru PAI dalam proses pembelajaran berdasarkan Kurikulum Merdeka (2) Pembinaan kompetensi profesional guru PAI dalam proses pembelajaran berdasarkan Kurikulum Merdeka melalui Komunitas Guru Belajar Nusantara Pekalongan sudah membantu guru PAI dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilan dalam pembelajaran di kelas. Pembinaan dilakukan melalui pelatihan, workshop, seminar nasional, diskusi dan sejenisnya yang termuat dalam program Komunitas Guru Belajar Nusantara Pekalongan
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Profesional, Guru PAI, Kurikulum Merdeka | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 Jul 2024 08:04 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Oct 2024 06:55 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8616 |
Actions (login required)
View Item |