Penanaman nilai-nilai pendidikan islam dalam implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila pada kelas viii di SMP Negeri 3 Blado Kab. Batang

Pembayun, Anisa Fajar (2024) Penanaman nilai-nilai pendidikan islam dalam implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila pada kelas viii di SMP Negeri 3 Blado Kab. Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120007_Cover_BAB I dan BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120007_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya penanaman nilai-nilai pendidikan Islam dalam pendidikan termasuk dalam implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila untuk membentuk karakter siswa yang sesuai dengan ajaran agama Islam dan Profil Pelajar Pancasila (P5). SMP Negeri 3 Blado Kab. Batang merupakan salah satu sekolah yang menggunakan Kurikulum Merdeka yang salah satu implementasinya yaitu melaksanakan P5. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: pertama, bagaimana implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada kelas VIII di SMP Negeri 3 Blado Kab. Batang? Kedua, bagaimana penanaman nilai-nilai pendidikan Islam dalam implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada kelas VIII di SMP Negeri 3 Blado Kab. Batang? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan obervasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah Guru Pendidikan Agama Islam, Kepala SMP Negeri 3 Blado dan 3 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Blado. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, implementasi P5 dilaksanakan melalui kegiatan rutin atau berbentuk program. Kegiatan rutin yang bersifat pembiasaan antara lain membaca surat-surat pendek dalam Al Qur’an dan pembacaan Asmaul Husna, kebersihan lingkungan, dan pelaksanaan solat zuhur berjamaah. Adapun program P5 dilaksanakan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kedua, nilai-nilai pendidikan Islam yang ditanamkan dalam implementasi P5 ialah kreatif dan inovatif, mandiri, percaya diri, patuh, tekun, disiplin, kekompakkan, taat pada guru, toleransi dan sabar. Ketiga, nilai-nilai pendidikan Islam tersebut ditanamkan melalui pembiasaan dan keteladanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhumaedy, AgusUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Penanaman, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 03 Jul 2024 01:24
Last Modified: 03 Jul 2024 01:24
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8644

Actions (login required)

View Item View Item