Kesadaran Hukum Konsumen Terhadap Hak Atas Cashback Pada Transaksi Jual Beli Menggunakan Aplikasi Indomaret Poinku

Maghfiroh, Maghfiroh (2024) Kesadaran Hukum Konsumen Terhadap Hak Atas Cashback Pada Transaksi Jual Beli Menggunakan Aplikasi Indomaret Poinku. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
1219075_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1219075_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Cashback sudah ada sejak lama dan berjalan dengan lancar. Namun, konsumen juga mempunyai aplikasi Indomaret Poinku tetapi tidak menggunakan hak konsumen, karena berfikir bahwa yang seharusnya menanyakan member untuk mendapatkan cashback itu hanya pihak kasir. Pihak kasir tidak memberitahukan adanya cashback yang akan didapat kepada konsumen sehingga transaksi jual beli di Indomaret belum jelas dari setiap transaksi akankah selalu mendapatkan poin atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemenuhan hak konsumen pada praktik menggunakan aplikasi Indomaret Poinku dan menganalisis tingkat kesadaran hukum konsumen dalam melakukan transaksi jual beli menggunakan aplikasi Indomaret Poinku. Jenis penelitian ini yaitu yuridis sosiologis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan menyebar kuesioner kepada pengguna aplikasi Indomaret Poinku dan sumber data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier yang diperoleh dengan teknik dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif model interaktif dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pemenuhan hak konsumen pada praktik yang dilakukan oleh penjual dan pembeli tidak terlaksana, karena belum tentu konsumen yang mempunyai aplikasi Indomaret Poinku ditanya member/ scan barcode untuk mendapatkan cashback, dan pihak penjual/ kasir belum tentu juga menanyakan member/ scan barcode kepada pembeli yang sudah mempunyai aplikasi Indomaret Poinku, sehingga pembeli tidak mendapatkan hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur karena penjual tidak selalu menanyakan member/ scan barcode dan pembeli tidak menanyakan jika pihak penjual/ kasir tidak menanyakan. Kesadaran hukum konsumen di Indomaret yang menggunakan aplikasi Indomaret Poinku ingkat kesadaran hukumnya tergolong rendah. Hal tersebut dapat diketahui dengan adanya indikator pengetahuan dan pemahaman hukum tidak terlaksana akibat kurang pengetahuan dan pemahaman konsumen terkait regulasi Undang-Undang Perlindungan Konsumen, sehingga sikap dan perilaku hukum konsumen tidak sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBisyri, Mohammad HasanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Cashback, Hak Konsumen, Kesadaran Hukum
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.2 Muamalat, Muamalah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 340 Law (Ilmu Hukum) > 343.07 Regulation of Economic Activity/Regulasi Ekonomi, Peraturan Kegiatan Ekonomi, Hukum Industri
Divisions: Fakultas Syariah > Prodi Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Fasya
Date Deposited: 01 Jul 2024 04:09
Last Modified: 01 Jul 2024 04:09
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8673

Actions (login required)

View Item View Item