Upaya Guru Dalam Membentuk Sikap Sopan Santun Peserta Didik Melalui Penerapan Membaca Asmaul Husna Sebelum Pembelajaran Di Mi Islamiyah Keputon Kecamatan Blado Kabupaten Batang

Wibowo, Bella Apriliani (2024) Upaya Guru Dalam Membentuk Sikap Sopan Santun Peserta Didik Melalui Penerapan Membaca Asmaul Husna Sebelum Pembelajaran Di Mi Islamiyah Keputon Kecamatan Blado Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2319107_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2319107_FULL TEXT_B5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan membaca Asmaul Husna sebelum pembelajaran sebagai salah satu upaya pembentukan sikap sopan santun, dimana siswa dilatih untuk bersikap sopan santun di sekolah. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam membentuk sikap sopan santun peserta didik melalui penerapan membaca Asmaul Husna. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan bagaimana sikap sopan santun peserta didik di MI Islamiyah Keputon, (2) untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dalam membentuk sikap sopan santun peserta didik melalui penerapan membaca Asmaul Husna sebelum pembelajaran di MI Islamiyah Keputon, (3) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru dalam membentuk sikap sopan santun melalui penerapan membaca Asmaul Husna sebelum pembelajaran di MI Islamiyah Keputon Jenis penelitian dalam skripsi ini berupa penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan model Miles dan Huberman yang meliputi : kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru dalam membentuk sikap sopan santun peserta didik melalui penerapan membaca Asmaul Husna sebelum pembelajaran yaitu : (1) Memberikan arahan dalam membaca Asmaul Husna sebelum pembelajaran (2) Memberikan motivasi untuk menerapkan sikap sopan santun (3) Menerapkan membaca Asmaul Husna tepat waktu (4) pemberian sanksi. adapun faktor pendukung upaya guru dalam membentuk sikap sopan santun peserta didik melalui penerapan membaca Asmaul Husna, yaitu (1) Adanya peran orang tua (2) kerjasama antar guru. Sedangkan untuk faktor penghambat yaitu (1) Kurangnya kesadaran dari siswa (2) pengaruh teman sebaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, MiftahulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Sikap Sopan Santun, Asmaul Husna
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 01 Jul 2024 03:45
Last Modified: 01 Jul 2024 03:45
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8678

Actions (login required)

View Item View Item