Anjarsari, Lutfiyah (2024) Implementasi Model PjBL Pembelajaran IPA Kelas VI B pada Materi Konsep Rangkaian Listrik Paralel di MIS NU Al-Utsmani Kajen Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.
Text
2320016_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (624kB) |
|
Text
2320016_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya prestasi belajar IPA disebabkan beberapa faktor, termasuk metode pengajaran guru yang terbatas, minimnya antusiasme siswa, lingkungan belajar yang tidak mendukung, dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran, dalam mengatasi hal tersebut menggunakan model project based learning yang diterapkan pada kelas VI B di MIS NU Al-Utsmani Kajen Pekalongan. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana implementasi, faktor pendukung dan penghambat diterapkannya model PjBL pada pembelajaran IPA kelas VI B materi konsep rangkaian listrik paralel. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: Bagaimana implementasi model PjBL pada pembelajaran IPA kelas VI B materi konsep rangkaian listrik paralel di MIS NU Al-Utsmani Kajen Pekalongan?, Apa faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi model PjBL pada pembelajaran IPA kelas VI B materi konsep rangkaian listrik paralel di MIS NU Al-Utsmani Kajen Pekalongan?. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data menggunakan model interaktif yaitu dengan reduksi data, penyajian data (display) dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi model PjBL pada pembelajaran IPA kelas VI B materi konsep rangkaian listrik paralel di MIS NU Al-Utsmani Kajen Pekalongan ada tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan model PjBL pada pembelajaran IPA kelas VI B materi konsep rangkaian listrik paralel dilakukan sendiri oleh pendidik berdasarkan RPP. Untuk pelaksanaan model PjBL pada pembelajaran IPA kelas VI B materi konsep rangkaian listrik paralel di MIS NU Al-Utsmani Kajen Pekalongan dilakukan melalui enam tahapan yaitu membuka pelajaran dengan suatu pertanyaan menantang, merencanakan proyek, menyusun jadwal pembuatan, mengawasi jalannya proyek, penilaian terhadap produk yang dihasilkan, dan evaluasi. Kemudian evaluasi pembelajaran dilakukan menilai hasil diskusi proyek lampu lalu lintas, presentasi, penilaian formatif dan sumatif, yang terakhir refleksi diri siswa. Adapun faktor pendukung yaitu adanya kerjasama antar anggota kelompok, siswa yang kreatif, adanya dukungan finansial dari orang tua. Sedangkan faktor penghambat yaitu daya tangkap siswa yang berbeda, adanya kesulitan siswa dalam manajemen waktu, pembagian kelompok yang tidak setara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Model PjBL, Pembelajaran IPA | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 01 Jul 2024 01:52 | ||||||||
Last Modified: | 01 Jul 2024 01:52 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8686 |
Actions (login required)
View Item |