Pengaruh Teknologi Informasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepercayaan Nasabah dengan Citra Perusahaan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Nasabah Bank BSI di Kota Pekalongan).

Setiawan, Akhmad Rikza (2024) Pengaruh Teknologi Informasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepercayaan Nasabah dengan Citra Perusahaan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Nasabah Bank BSI di Kota Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
4220106_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4220106_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Kualitas pelayanan, citra perusahaan, dan kepercayaan nasabah merupakan siklus yang saling memengaruhi satu sama lain. Kualitas pelayanan yang baik membentuk citra perusahaan yang positif, yang pada gilirannya memperkuat kepercayaan nasabah. Pada era modern seperti sekarang ini, dunia perbankan mencoba mendongkrak kualitas pelayanan mereka seiring kemajuan teknologi. Pengembangan berbasis teknologi informasi sangat penting bagi bank dan lembaga keuangan untuk memberikan layanan nasabah yang memuaskan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Teknologi Informasi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepercayaan Nasabah Bank Syariah Indonesia di Kota Pekalongan, baik secara langsung maupun melalui Citra Perusahaan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian korelasional dengan menerapkan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu Nasabah BSI yang bertempat tinggal/berdomisili di Kota Pekalongan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa penyebaran kuesioner dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden dan mengunakan rumus lemeshow dalam menentukan jumlah sampel, kemudian sampel diambil menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa melalui metode SEM-PLS memperoleh hasil bahwa (1) Teknologi Informasi berpengaruh terhadap Citra Perusahaan dengan nilai original sample 0,262, nilai p-value sebesar 0,006 dan t-statistic sebesar 2,752. (2) Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Citra Perusahaan dengan nilai original sample 0,608, nilai p-value sebesar 0,000 dan t-statistic sebesar 6,792. (3) Teknologi Informasi berpengaruh terhadap Kepercayaan Nasabah dengan nilai original sample 0,256, nilai p-value sebesar 0,002 dan t-statistic sebesar 3,149. (4) Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh terhadap Kepercayaan Nasabah dengan nilai original sample 0,163, nilai p-value sebesar 0,099 dan t-statistic sebesar 1,653. (5) Citra Perusahaan berpengaruh terhadap Kepercayaan Nasabah dengan nilai original sample 0,559, nilai p-value sebesar 0,000 dan t-statistic sebesar 6,255. (6) Teknologi Informasi berpengaruh terhadap Kepercayaan Nasabahnya melalui Citra Perusahaan, dengan nilai original sample 0,146, nilai p-value sebesar 0,007 dan t-statistic sebesar 2,687. (7) Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Kepercayaan Nasabahnya melalui Citra Perusahaan, dengan nilai original sample 0,340, nilai p-value sebesar 0,000 dan t-statistic sebesar 4,450. Kata kunci: Teknologi Informasi, Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan dan Kepercayaan Nasabah. ABSTRACT AKHMAD RIKZA SETIAWAN. Influence of Information Technology and Quality of Service on Customer Confidence with Corporate Image as Intervening Variable (Study on Customers of BSI Bank in Pekalongan City). Quality of service, corporate image, and customer trust are cycles that influence each other. Good quality of service forms a positive company image, which in turn strengthens customer trust. In a modern era like this, the banking world is trying to highlight the quality of their services as technology advances. Information technology-based development is essential for banks and financial institutions to provide satisfactory customer service. The research aims to find out the impact of Information Technology and Quality of Service on Customer Confidence of Sharia Bank Indonesia in Pekalongan City, both directly and through Company Image. This type of research is correlational research using a quantitative approach. The population in this study is a BSI resident who resides in Pekalongan City. The data collection technique in this study is the dissemination of a questionnaire using samples of 100 respondents and using the lemeshow formula in determining the number of samples, then samples are taken using the purposive sampling method. The results of this study show that, through the SEM-PLS method, the results were obtained that (1) Information Technology affects Corporate Image with an original sample value of 0,262, p-value of 0,006 and t-statistic of 2,752. (2) Quality of Service affects of the Corporate Image with an initial sample of 0,608, p-value of 0,000 and t-statistic of 6,792. (3) Information technology affects Customer Confidence with an Original sample worth of 0,256, p-value of 0.002, t-statistic of 3,149. (4) Service Quality does not influence Customer Confidence with the Original Sample of 0.163, p-value of 0.009 and t-statistic value of 1,653. (5) Corporate Image affects Customer Confidence by an original sampling value of 0.559, p-value by 0,000, and t-statistic by 6,255. (6) Information Technology has an influence on Customer Confidence through Corporate Image, with an original sample value of 0.146, a p-value of 0.007 and a t-statistic of 2,687. (7) The quality of the Service affects the confidence of the Customer through the Corporate Image, with the original sample value of 0,340 and t-statistic value by 4,450. Keywords: Information Technology, Quality of Service, Corporate Image and Customer Confidence.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRosyid, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Teknologi Informasi, Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan dan Kepercayaan Nasabah.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 01 Jul 2024 04:43
Last Modified: 01 Jul 2024 04:43
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8691

Actions (login required)

View Item View Item