Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Di Era Digital Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP PGRI 3 Taman Kabupaten Pemalang

Zaen, Melsa Adila Nur (2024) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Di Era Digital Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP PGRI 3 Taman Kabupaten Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H.Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120275_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2120275_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena dijumpai peserta didik di SMP PGRI 3 Taman yang menyalahgunakan teknologi digital sehingga mengakibatkan rendahnya akhlakul karimah di era digital ini. Hal tersebut dikarenakan mayoritas dari mereka yang masih kurang akan kesadaran dirinya tentang pentingnya memiliki akhlakul karimah. Dari observasi tersebut peneliti tertarik untuk melakukan suatu penelitian mengenai pentingnya strategi guru dalam membina akhlakul karimah peserta didik di era digital pada peserta didik kelas VIII SMP PGRI 3 Taman terkhusus guru Pendidikan Agama Islam. Adapun rumusan masalahnya yaitu:Apa problematika akhlak di era digital pada peserta. Bagaimana strategi guru PAI dalam pembinaan akhlakul karimah di era digital pada peserta didik SMP PGRI 3 Taman, Apa kendala-kendala yang dihadapi guru PAI dalam pembinaan akhlakul karimah di era digital pada peserta didik SMP PGRI 3 Taman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika akhlak di era digital pada peserta didik, strategi guru PAI dalam pembinaan akhlakul karimah di era digital pada peserta didik SMP PGRI 3 Taman dan kendala apa saja yang dihadapi guru PAI dalam pembinaan akhlakul karimah di era digital pada peserta didik SMP PGRI 3 Taman. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, data display dan kemudian verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa problematika akhlak di era digital pada peserta didik adalah plagiasi jawaban tugas dari internet dan kecanduan main handphone atau game. Strategi yang dilakukan guru PAI dalam pembinaan akhlakul karimah di era digital pada peserta didik kelas VIII SMP PGRI 3 Taman sudah berjalan dengan baik dan berhasil yaitu dengan pembiasaan tadarus Al-Qur’an dilanjut dengan dzikir Asmaul Husna, menanamkan pembiasaan bersalaman saat masuk pintu gerbang sekolah, menanamkan kedisiplinan menaati tata tertib di sekolah, memanfaatkan teknologi digital dengan baik dalam pembelajaran, serta dengan memberikan konsekuensi/sanksi. Sedangkan untuk kendala-kendala yang dialami guru PAI dalam pembinaan akhlakul karimah adalah kurangnya kesadaran peserta didik, faktor lingkungan serta kurangnya fasilitas digital di sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNurkhamidi, arisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Akhlakul, Digital
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 02 Jul 2024 06:56
Last Modified: 02 Jul 2024 06:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8726

Actions (login required)

View Item View Item