Eksperimen model pembelajaran tipe Two Stay Two Stray (Ts-Ts) terhadap hasil belajar Matematika ditinjau dari minat belajar siswa kelas V di MI Islamiyah Candi Kecamatan Bandar Kabupaten Batang

Khutami, Zulfa Nurul (2018) Eksperimen model pembelajaran tipe Two Stay Two Stray (Ts-Ts) terhadap hasil belajar Matematika ditinjau dari minat belajar siswa kelas V di MI Islamiyah Candi Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika serta anggapan bahwa mata pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap tidak mudah dipahami. Banyak siswa yang tidak tertarik dan tidak berminat belajar matematika. Untuk itu perlu usaha untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan mengubah model pembelajaran di kelas serta meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini ada tiga, yaitu (1) Mengetahui perbedaan antara hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan model pembelajaran langsung, (2) Mengetahui perbedaan antara hasil belajar matematika siswa yang memiliki minat belajar tinggi, dengan hasil belajar matematika siswa yang memiliki minat belajar sedang, dengan hasil belajar matematika siswa yang memiliki minat belajar rendah, (3) Mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Teknik pengambilan sampel dengan sampling total. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Islamiyah Candi Kecamatan Bandar Kabupaten Batang tahun 2018/2019. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas. Metode pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama yang sebelumya dilakukan uji normalitas dengan menggunakan metode kolmogorov smirnov dan uji homogenitas menggunakan metode levene test. Hasil penelitian yang dilakukan adalah adanya (1) perbedaan antara hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan model pembelajaran langsung, dimana nilai signifikansi = 0,000 < 0,05 pada tingkat signifikansi 5 % sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan model pembelajaran langsung. (2) perbedaan antara hasil belajar matematika siswa yang memiliki minat belajar tinggi, dengan hasil belajar matematika siswa yang memiliki minat belajar sedang, dengan hasil belajar matematika siswa yang memiliki minat belajar rendah, dimana nilai signifikansi = 0,000 < 0,05 pada tingkat siginifikansi 5% sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar matematika siswa yang memiliki minat belajar tinggi, dengan hasil belajar matematika siswa yang memiliki minat belajar sedang, dengan hasil belajar matematika siswa yang memiliki minat belajar rendah. (3) interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. dimana nilai signifikansi = 0,022 < 0,05 pada tingkat siginifikansi 5% sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRini, JuwitaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Two Stay Two Stray (TSTS), pembelajaran langsung, hasil belajar, minat
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Khusnu Asirah
Date Deposited: 22 Jun 2020 08:13
Last Modified: 22 Jun 2020 08:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/873

Actions (login required)

View Item View Item