Implementasi Metode Active Learning-Small Group Discussion Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Di Kelas XI MAN 1 Tegal

Yanto, Fajar Tri (2024) Implementasi Metode Active Learning-Small Group Discussion Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Di Kelas XI MAN 1 Tegal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2119037_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (790kB)
[img] Text
2119037_Full Text.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

ABSTRAK Yanto, Fajar Tri. 2024. Implementasi Metode Active Learning-Small Group Discussion Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Di Kelas XI MAN 1 Tegal. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing: Mohammad Syaifuddin, M. Pd. Kata Kunci : Metode Small Group Discussion, Pembelajaran Akidah Akhlak Penggunaan metode pembelajaran konvensional pada pembelajaran Akidah Akhlak masih sering dilakukan oleh guru. Metode tersebut kadang kurang atau bahkan tidak cocok lagi dengan isi dan tujuan dari kurikulum. Maka dari itu guru dituntut untuk dapat menggunakan berbagai macam metode yang sesuai dan tepat digunakan dalam pembelajaran salah satunya metode pembelajaran Small Group Discussion yang mempunyai tujuan untuk membantu siswa dalam menyelesaikan masalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Metode ini menuntut keaktifan peserta didik dan saling membantu satu sama lain dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi dalam kelompoknya. Jenis penelitian ini adalah penelitian field research, dimana peneliti langsung turun kelapangan untuk mengetahui fenomena yang terjadi, peneliti mengamati implementasi metode active learning-small group discussion dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas XI MAN 1 Tegal. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. pelaksanaan pembelajaran yaitu, guru membuka pelajaran dengan salam, dilanjut menyapa siswa dan berkomunikasi kehadiran siswa, habis itu absen dan mengecek kerapian siswa, yang terakhir menyampaikan tujuan pembelajaran. Kemudian dilanjutkan diskusi kelompok mengenai materi yang sudah dijelaskan oleh guru. Guru menutup pembelajaran dengan menyimpulkan hasil diskusi kelompok, memberikan tugas, motivasi, membaca doa, dan yang terakhir salam. evaluasi pembelajaran dilakukan dengan observasi, presentasi dan tes uraian. Implikasi metode active learning-small group discussion dalam pembelajaran Akidah Akhlak di kelas XI MAN 1 Tegal adalah siswa merespon dengan sangat antusias, lebih hidup dalam pembelajaran, interaktif dan kolaboratif. Karena kita belajar sambil bermain, tidak membosankan dan melibatkan semua siswa yang ada di kelas. Adapun faktor-faktor yang mendukung yaitu sarana prasarana dari MAN 1 Tegal. Sedangkang yang menjadi penghambat adalah kesiapan siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSyaifuddin, MohammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Metode Small Group Discussion, Pembelajaran Akidah Akhlak
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 02 Jul 2024 06:41
Last Modified: 02 Jul 2024 06:41
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8732

Actions (login required)

View Item View Item