Minkhatuduroh, Minkhatuduroh (2024) Peran guru bimbingan konseling islam untuk mengurangi kecemasan siswa dalam menghadapi ujian kompetensi di SMK Muhammadiyah Kajen. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
3520048_COVER_BAB I & BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
3520048_FULL TEXT B5.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
3520048_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Dari beberapa individu ada yang mengalami kecemasan dalam menghadapi ujian kompetensi, kecemasan dialami oleh siswa kelas 12 di SMK Muhammadiyah Kajen. Adanya kecemasan timbul dari beberapa gejala seperti telapak tangan berkeringat, pusing dan sakit perut, jantung berdetak kencang, takut, gugup, gelisah dan khawatir. Apabila siswa merasa cemas maka dapat membuat siswa menjadi tidak focus dan berdampak pada dirinya sendiri. Oleh karena itu peran guru bimbingan konseling penting untuk memberikan motivasi atau dorongan kepada siswa agar siswa menjadi lebih baik dengan memberikan layanan bimbingan klasikal, kelompok dan konseling individual. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) bagaimana kondisi kecemasan siswa dalam menghadapi ujian kompetensi di SMK Muhammadiyah Kajen?, 2) bagaiamana peran guru bimbingan konseling Islam untuk mengurangi kecemasan siswa dalam menghadapi ujian kompetensi di SMK Muhammadiyah Kajen?. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui kondisi kecemasan siswa dalam menghadapi ujian kompetensi di SMK Muhammadiyah Kajen, 2) Untuk mengetahui peran guru bimbingan konseling Islam untuk mengurangi kecemasan siswa dalam menghadapi ujian kompetensi di SMK Muhammadiyah Kajen. Jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan diantarannya: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMK Muhammadiyah Kajen kondisi kecemasan siswa dalam menghadapi ujian kompetensi sudah mulai berkurang karena dari beberapa siswa yang mengalami kecemasan sudah mampu mengubah dirinya untuk lebih baik baik siswa sudah mulai tenang ketika menghadapi ujian kompetensi dan guru bimbingan konseling Islam berperan penting untuk mengurangi kecemasan siswa, dalam hal ini guru bimbingan konseling Islam berperan sebagai informator, motivator, director, transmitter, inisiator, organistor, dan fasilitator.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Peran Guru Bimbingan Konseling Islam, Mengurangi, Kecemasan | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 02 Jul 2024 08:40 | ||||||||
Last Modified: | 28 Sep 2024 04:29 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8738 |
Actions (login required)
View Item |