Muhaimin, Rizal (2024) Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Membina Religiusitas Siswa Sebagai Upaya Mengantisipasi Ekstremisme di SMP Islam Terpadu Elmuna-Vie Pangkah. Masters thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.
Text
50222013_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
|
Text
50222013_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Benih-benih intoleran pada para pelajar menjadikan dunia pendidikan sangat rentan terhadap ekstremisme dengan. Hal tersebut menjadi suatu permasalahan serius yang perlu ditangani dengan strategis. Maka dari itu perlu adanya internalisasi nilai moderasi beragama sebagai pembinaan religiusitas yang dapat memahamkan kepada siswa mengenai beragama Islam yang moderat. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis bentuk internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam membina religiusitas siswa sebagai upaya mengantisipasi ekstremisme di SMP Islam Terpadu Elmuna-Vie Pangkah. (2) untuk menganalisis proses internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam membina religiusitas siswa sebagai upaya mengantisipasi ekstremisme di SMP Islam Terpadu Elmuna-Vie Pangkah. (3) Untuk menganalisis dampak internalisasi nilai-nilai moderasi beragama terhadap religiuitas siswa sebagai upaya mengantisipasi ekstremisme di SMP Islam Terpadu Elmuna-Vie Pangkah. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan keabsahan data berupa triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik pengumpulan data berupa observasi partisipan, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Hubermain dan Saldana yang memiliki beberapa tahap, yakni: Kondensasi Data, Penyajian Data dan Penarikan Simpulan. Hasil pada penelitian menunjukkan terdapat tiga bentuk internalisasi yaitu internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam bentuk bai’at anak sholeh, budaya 5S dan gerakan peduli sosial. Terdapat tiga proses internalisasi yakni: transformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi nilai melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam, kegiatan pidato moderasi beragama dalam kegiatan keagamaan dan kajian lintas sektoral. Dampak internalisasi siswa rajin dalam melaksanakan ibadah, memiliki sikap toleransi yang kuat, tertib dan taat terhadap aturan sekolah, anti terhadap tawuran dan kekerasan, terciptanya lingkungan belajar religius dan moderat, mengantisipasi ekstremisme di lingkungan sekolah, tolong menolong dan menghormati guru dan cinta terhadap tanah air.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Internalisasi, Nilai Moderasi, Religiusitas, Ekstremisme | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 03 Jul 2024 03:30 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Oct 2024 06:52 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8745 |
Actions (login required)
View Item |