Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Membina Religiusitas Siswa Sebagai Upaya Mengantisipasi Ekstremisme di SMP Islam Terpadu Elmuna-Vie Pangkah.

Muhaimin, Rizal (2024) Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Membina Religiusitas Siswa Sebagai Upaya Mengantisipasi Ekstremisme di SMP Islam Terpadu Elmuna-Vie Pangkah. Masters thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
50222013_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
50222013_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Benih-benih intoleran pada para pelajar menjadikan dunia pendidikan sangat rentan terhadap ekstremisme dengan. Hal tersebut menjadi suatu permasalahan serius yang perlu ditangani dengan strategis. Maka dari itu perlu adanya internalisasi nilai moderasi beragama sebagai pembinaan religiusitas yang dapat memahamkan kepada siswa mengenai beragama Islam yang moderat. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis bentuk internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam membina religiusitas siswa sebagai upaya mengantisipasi ekstremisme di SMP Islam Terpadu Elmuna-Vie Pangkah. (2) untuk menganalisis proses internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam membina religiusitas siswa sebagai upaya mengantisipasi ekstremisme di SMP Islam Terpadu Elmuna-Vie Pangkah. (3) Untuk menganalisis dampak internalisasi nilai-nilai moderasi beragama terhadap religiuitas siswa sebagai upaya mengantisipasi ekstremisme di SMP Islam Terpadu Elmuna-Vie Pangkah. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan keabsahan data berupa triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik pengumpulan data berupa observasi partisipan, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Hubermain dan Saldana yang memiliki beberapa tahap, yakni: Kondensasi Data, Penyajian Data dan Penarikan Simpulan. Hasil pada penelitian menunjukkan terdapat tiga bentuk internalisasi yaitu internalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam bentuk bai’at anak sholeh, budaya 5S dan gerakan peduli sosial. Terdapat tiga proses internalisasi yakni: transformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi nilai melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam, kegiatan pidato moderasi beragama dalam kegiatan keagamaan dan kajian lintas sektoral. Dampak internalisasi siswa rajin dalam melaksanakan ibadah, memiliki sikap toleransi yang kuat, tertib dan taat terhadap aturan sekolah, anti terhadap tawuran dan kekerasan, terciptanya lingkungan belajar religius dan moderat, mengantisipasi ekstremisme di lingkungan sekolah, tolong menolong dan menghormati guru dan cinta terhadap tanah air. ABSTRACT Rizal Muhaimin, NIM. 50222013. 2024. Internalizing the Values of Religious Moderation in Fostering Student Religiosity as an Effort to Prevent Extremism at the Elmuna-Vie Pangkah Integrated Islamic Middle School. Master's Thesis in Religious Education Study Program, Postgraduate Program, K.H Abdurrahman Wahid State Islamic University, Pekalongan. Supervisor: (1) Dr. Hj. Sopiah, M.Ag. (2) Dr. H. Abdul Khobir, M.Ag Keywords: Internalization, Moderation Values, Religiosity, Extremism The seeds of intolerance in students make the world of education very vulnerable to extremism. This is a serious problem that needs to be handled strategically. Therefore, it is necessary to internalize the value of religious moderation as a form of fostering religiosity that can give students an understanding of the moderate Islamic religion. The purpose of this research is (1) to analyze the form of internalization of religious moderation values in fostering student religiosity as an effort to anticipate extremism at the Elmuna-Vie Pangkah Integrated Islamic Middle School. (2) to analyze the process of internalizing the values of religious moderation in fostering student religiosity as an effort to anticipate extremism at the Elmuna-Vie Pangkah Integrated Islamic Middle School. (3) To analyze the impact of internalizing the values of religious moderation on student religiosity as an effort to anticipate extremism at the Elmuna-Vie Pangkah Integrated Islamic Middle School. The research design used in this research is a case study with a qualitative approach and data validity in the form of technical triangulation and source triangulation. Data collection techniques include participant observation, structured interviews and documentation. The data analysis technique uses the Miles, Hubermain and Saldana models which have several stages, namely: Data Condensation, Data Presentation and Conclusion Drawing. The results of the research show that there are three forms of internalization, namely internalization of the values of religious moderation in the form of allegiance to pious children, 5S culture and social care movements. There are three internalization processes, namely: value transformation, value transactions, and value transinternalization through Islamic Religious Education learning, religious moderation speech activities in religious activities and cross-sectoral studies. The impact of internalization is that students are diligent in carrying out worship, have a strong attitude of tolerance, are orderly and obedient to school rules, are anti-fighting and violence, create a religious and moderate learning environment, anticipate extremism in the school environment, help and respect teachers and love their homeland.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSopiah, SopiahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Nilai Moderasi, Religiusitas, Ekstremisme
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 03 Jul 2024 03:30
Last Modified: 03 Jul 2024 03:32
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8745

Actions (login required)

View Item View Item