Implementasi Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X Akuntansi Keuangan Dan Lembaga (Akl) Di Smk Nu Kesesi Kabupaten Pekalongan

Lutfiatunnisa, Lutfia (2024) Implementasi Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X Akuntansi Keuangan Dan Lembaga (Akl) Di Smk Nu Kesesi Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120132_Cover_Bab I & Bab v.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2120132_FullText.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Lutfiatunnisa. 2024. Implementasi Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL) di SMK NU Kesesi Kabupaten Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Islam Negeri (UIN) K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Dosen Pembimbing : Mohammad Syaifuddin, M.Pd. Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran HOTS, Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang maksimalnya Pendidikan Agama Islam di beberapa lembaga pendidikan karena pada praktik pendidikannya belum mencapai tahap HOTS yang sesungguhnya. Pembelajaran yang dikembangkan pendidik diharapkan dapat mendorong peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Hal ini seperti yang dilaksanakan di SMK NU Kesesi Kabupaten Pekalongan yang sudah menerapkan pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bardasarkan latar belakang diatas, maka peneliti akan memaparkan beberapa masalah yaitu: Bagaimana Implementasi Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL) di SMK NU Kesesi Kabupaten Pekalongan? Bagaimana Implikasi Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL) di SMK NU Kesesi Kabupaten Pekalongan?. Tujuan penelitian ini dilakukan agar pembaca mengetahui terkait Implementasi dan Implikasi Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data dalam penulisannya menggunakan data primer dari SMK NU Kesesi dan data sekunder seperti jurnal dan referensi buku. Sedangkan teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis yang dimulai dari reduksi data kemudian penyajian data dan yang terakhir yaitu penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perubahan pola pikir siswa yang semakin analitis, hal ini terbukti dengan siswa yang mampu membuat mind mapping sesuai tema yang diberikan guru yang salah satunya peneliti temukan ialah mind mapping berbentuk pohon atau tree mapp. Kemudian pada implikasi juga ditemukan bahwa dengan adanya pembelajaran HOTS siswa lebih minat dan termotivasi untuk belajar karena metode yang digunakan oleh guru tidak monoton, mampu mengaitkan persoalan yang ada dilingkungan sekitar khususnya dalam hal keagamaan, namun beberapa siswa merasa sulit untuk mencapai KKM karena belum terbiasa dengan pembelajaran HOTS dan kurangnya pengetahuan umum.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMohammad Syaifuddin, M.Pd., Bp. Syaif198703062019031004-
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran HOTS, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 04 Jul 2024 04:32
Last Modified: 04 Jul 2024 04:32
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8768

Actions (login required)

View Item View Item