Analisis Problematika Pembelajaran Naḥwu Kitab Al-Jurūmiyah Santri Ibtida’ Awwal B Pondok Pesantren Padepokan Padang Ati Buaran Pekalongan

Haulina, Shilfiyya (2024) Analisis Problematika Pembelajaran Naḥwu Kitab Al-Jurūmiyah Santri Ibtida’ Awwal B Pondok Pesantren Padepokan Padang Ati Buaran Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2220088_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (890kB)
[img] Text
2220088_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Pembelajaran gramatika bahasa Arab (qawā’id naḥwiyah) merupakan suatu kekhususan yang harus ada di madrasah, pondok pesantren, dan perguruan tinggi. Karena dengan mempelajari ilmu tersebut seseorang akan lebih mudah untuk memahami dan membaca teks-teks berbahasa Arab. Dalam pembelajaran naḥwu khususnya kitab Al-Jurūmiyah mengalami beberapa kendala yang dialami oleh santri kelas Ibtida’ Awwal B Pondok Pesantren Padepokan Padang Ati Buaran Pekalongan, seperti masih bingung untuk menulis Arab pegon dan makna gandul. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah:1) Bagaimana metode pembelajaran naḥwu kitab Al-Jurūmiyah kelas ibtida’ awwal B pondok pesantren Padepokan Padang Ati Buaran Pekalongan? 2) Apa saja problematika pembelajaran naḥwu kitab Al-Jurūmiyah? 3) Bagaimana upaya pendidik dalam mengatasi problematika tersebut? Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran naḥwu kitab Al-Jurūmiyah kelas ibtida’ awwal B pondok pesantren Padepokan Padang Ati Buaran Pekalongan. 2) Untuk mengetahui apa saja problematika pembelajaran naḥwu kitab Al-Jurūmiyah. 3) Untuk mengetahui bagaimana upaya pendidik dalam mengatasi problematika tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Model analisis data yang digunakan adalah model analisis Miles And Hubermen, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah bahwa Pembelajaran Naḥwu Kitab Al-Jurūmiyah Kelas Ibtida’ Awwal B Pondok Pesantren Padepokan Padang Ati Buaran Pekalongan menggunakan metode Al-Qiyāsiyyah (analogi). Dalam pembelajaran tersebut santri mengalami problematika linguistik dan non linguistik. Problematika linguistik sendiri yaitu kesulitan dalam penulisan makna, kesulitan membaca makna, penulisan yang kurang rapi. Adapun problematika non linguistik yaitu latar belakang santri, kurangnya minat santri, kondisi fisik santri yang kelelahan, kondisi kelas kurang kondusif. Adapun upaya yang dilakukan pendidik dalam mengatasi problem tersebut dengan cara menggunakan bahasa yang sederhana, memberikan contoh (analogi), memberikan materi yang tidak terlalu mendalam, menggunakan kamus (rumus-rumus kitab Arab pegon), dan menggunakan metode permainan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAkhas, Muhammad ZayinilUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Naḥwu, Kitab Al-Jurūmiyah, Problematika
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 04 Jul 2024 04:44
Last Modified: 04 Jul 2024 04:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8769

Actions (login required)

View Item View Item