Bimbingan islami untuk membentuk akhlakul karimah pada anak dalam film animasi omar Dan Hana episode “asyura” dan “tv atuk”

Khonisah, Wulan Nur (2024) Bimbingan islami untuk membentuk akhlakul karimah pada anak dalam film animasi omar Dan Hana episode “asyura” dan “tv atuk”. Undergraduate Thesis thesis, u.

[img] Text
3520082_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3520082_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
3520082_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Bimbingan diberikan sebagai upaya untuk menghindari dan mengatasi masalah yang dilalui individu dalam kehidupannya. Bimbingan tidak hanya dilaksanakan dengan cara tatap muka langsung tetapi dapat dilaksanakan dengan cara tidak langsung atau melalui media. Penggunaan media audio visual seperti film dan komputer atau handphone yang terhubung dengan internet menjadi salah satu bentuk perkembangan teknologi dan informasi yang bisa dimanfaatkan dengan baik. Perkembangan teknologi dan informasi memiliki dampak positif dan negatif. Selain tayangan yang informatif, banyak juga informasi yang tidak mendidik. Tidak sedikit anak-anak yang menggunakan perangkat gawai menjadi kawan main yang menjadikan mereka sulit terkendali dalam mengakses tayangan yang ada di media sosial sehingga anak jauh dari nilai keagamaan, nilai moral, nilai akhlak dan nilai kemanusiaan. Penanaman nilai akhlak bisa dilakukan oleh siapa saja melalui metode dan tahapan bimbingan islami. Pembentukan akhlakul karimah bisa dilakukan melalui berbagai media salah satunya media film. Film bisa menjadi media bimbingan untuk membentuk akhlakul karimah pada anak. Adapun film yang bisa dijadikan media penanaman nilai akhlak adalah film animasi Omar dan Hana yang didalamnya memuat konsep bimbingan islami dan bentuk-bentuk akhlakul karimah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bimbingan islami dan bentuk-bentuk akhlakul karimah dalam film animasi Omar dan Hana episode “Asyura” dan “TV Atuk”? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bimbingan islami dan bentukbentuk akhlakul karimah dalam film animasi Omar dan Hana episode “Asyura” dan “TV Atuk”. xiii Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan library research. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis isi atau content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan islami yang terdapat dalam film animasi Omar dan Hana adalah tahapan dan metode bimbingan islami. Adapun tahapan bimbingan islami antara lain meyakinkan individu sebagai makhluk ciptaan Allah bahwa ada ketentuan dan hukum Allah (sunnatullah) yang berlaku untuk semua manusia; mendorong dan membantu individu memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan benar; serta mendorong dan membantu individu mengamalkan iman, Islam, dan ikhsan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan metode bimbingan islami antara lain metode keteladanan, metode penyadaran, dan metode kisah. Adapun bentuk-bentuk akhlakul karimah dalam film animasi Omar dan Hana antara lain akhlak kepada Allah, akhlak kepada diri sendiri, akhlak kepada sesama termasuk keluarga dan tetangga, dan akhlak kepada lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBhakti, Wirayudha PramanaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islami, Aklakul Karimah, Film Animasi Omar dan Hana
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 08 Jul 2024 04:26
Last Modified: 28 Sep 2024 04:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8773

Actions (login required)

View Item View Item