Model Kepemimpinan Perempuan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Jamaah Haji Plus Dan Umrah Pada Biro Amaliyah Kabupaten Pekalongan

ISTIQOMAH, Iis (2024) Model Kepemimpinan Perempuan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Jamaah Haji Plus Dan Umrah Pada Biro Amaliyah Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3620030_Cover, Bab I & Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3620030_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Biro Amaliyah Kabupaten Pekalongan merupakan agen Biro Tour and Travel yang bekerja sama dengan dua PT, yaitu PT. Razek dan PT. Berkat Wisata. Biro Amaliyah ini berdiri sejak tahun 1999. Agen Biro Amaliyah merupakan agen yang bergerak pada bidang tour and travel religius untuk melayani ibadah Haji Plus dan Umrah yang menyediakan serangkaian pelayanan dan juga evaluasi peningkatan pelayanan setiap tahunnya yang lebih spesifik dengan akses dan fasilitasnya yang lebih mudah bagi masyarakat, khususnya untuk masyarakat yang ingin mendaftar ibadah haji dan umrah. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jawaban dari rumusan masalah sebagai berikut (1) bagaimana model kepemimpinan dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan jamaah haji plus dan umrah pada biro Amaliyah Kabupaten Pekalongan (2) apa saja faktor pendorong dan penghambat model kepemimpinan dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan jamaah haji plus dan umrah pada biro Amaliyah Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan sistematika penulisan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta teknik analisis data yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Model Kepemimpinan perempuan dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan jamaah haji plus dan umrah pada biro Amaliyah yang diterapkan oleh ibu Hj. Amaliyah termasuk dalam kategori model kepemimpinan yang kharismatik dan xiii demokratris. Adapun faktor pendorong model kepemimpinan perempuan dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan jamaah haji plus dan umrah pada biro Amaliyah adalah fasilitas pelayanan, akomodasi, dan sarana prasarana yang memadai dengan tujuan agar para jamaah haji maupun umrah dapat beribadah dengan nyaman. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kedisiplinan dari jamaah haji dan umrah, kemudian tingkat pemahaman atau pengetahuan yang berbeda-beda pada setiap jamaah haji dan umrah, dan faktor usia lanjut dari jamaah haji dan umrah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorQomariyah, Qomariyah198407232019032003UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Kepemimpinan, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Jamaah Haji dan Umrah, Biro Amaliyah Kabupaten Pekalongan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.2 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Manajemen Dakwah
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 08 Jul 2024 01:51
Last Modified: 08 Jul 2024 01:51
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8788

Actions (login required)

View Item View Item