Efektivitas Model Pembelajaran Problem-Based Learning Berbasis Berdiferensiasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kedungwuni

Fa’izah, Naran (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Problem-Based Learning Berbasis Berdiferensiasi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kedungwuni. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2620110_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2620110_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Masalah rendahnya keterampilan berpikir kritis matematis di kalangan siswa SMK Negeri 1 Kedungwuni sering kali dikaitkan dengan model pembelajaran yang kurang efektif. Hal ini memerlukan suatu inovasi dalam pembelajaran. Salah satunya adalah model pembelajaran problem-based learning dengan inovasi pembelajaran kurikulum merdeka yaitu dengan menggunakan pendekatan pembelajaran diferensiasi. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana efektivitas model pembelajaran problem-based learning berbasis berdiferensiasi terhadap keterampilan berpikir kritis matematis siswa kelas X SMK Negeri 1 Kedungwuni?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas model pembelajaran problem-based learning berbasis berdiferensiasi terhadap keterampilan berpikir kritis matematis siswa kelas X SMK Negeri 1 Kedungwuni. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu atau quasi eksperimental design serta desain penelitian nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah 504 siswa dengan sampel 72 siswa. Pengambilan sampel menggunakan purposive sample. Teknik pengumpulan data adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis Independent sampel t-test. Hasil uji hipotesis posttest kelas kontrol dan eksperimen menggunakan independent samples t-test menunjukkan nilai thitung > ttabel yaitu 7,148 > 1,994 maka H0 ditolak, H1 diterima artinya ada perbedaan rata-rata berpikir kritis kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem-based learning berbasis berdiferensiasi efektif terhadap keterampilan berpikir kritis matematis siswa kelas X SMK Negeri 1 Kedungwuni.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSari, Nurul Husnah MustikaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problem-Based Learning, Berdiferensiasi, Berpikir Kritis Matematis
Subjects: 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 08 Jul 2024 06:20
Last Modified: 03 Oct 2024 02:56
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8791

Actions (login required)

View Item View Item