Rekayasa Penilaian Di Toko Online Shopee Dalam Perspektif Hukum Islam Dan Hukum Positif Indonesia

Ahnan, Maftuh (2024) Rekayasa Penilaian Di Toko Online Shopee Dalam Perspektif Hukum Islam Dan Hukum Positif Indonesia. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
1217143_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1217143_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
1217143_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Shopee telah memberikan sebuah kemudahan kepada penjual sehingga penjual dapat menjangkau pasar yang makin luas tidak hanya di Pekalongan tapi penjual juga bisa menjangkau di seluruh Indonesia. Banyak cara yang digunakan oleh penjual untuk menaikkan rating atau profile pada tokonya yang membuat konsumen percaya pada toko tersebut karena rating toko tersebut sudah baik. Dalam hal ini adanya sebuah permasalahan yang pertama yaitu tentang apakah toko pasar digital di shopee tersebut benar-benar toko real yang memperoleh penilaian dan ulasan produk secara spontan dari konsumennya atau profile toko online tersebut dibuat dengan penilaian dan ulasan secara sengaja yang dilakukan oleh penjual untuk mencapai tingkat rating yang baik dengan menghalalkan berbagai cara. Itu salah satunya adalah toko online shopee fiktif yang dibuat oleh seorang penjual. Penelitian ini dilakukan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sesuai dengan permasalahan yang diangkat, memanfaatkan penelitian lapangan, yakni penulis ke lapangan langsung demi melaksanakan observasi pada objek yang berhubungan dengan permasalahan yang dikaji melalui toko shopee dengan nama akun Arja Gallery. Untuk penelitian ini mencakup dua sumber data, yaitu sumber data primer, yang berhubungan langsung dengan masalah yang dibahas penelitian. Data ini diperoleh langsung dari penjual yang menggunakan platform marketplace shopee dengan nama akun toko Salsabila hijab store, Arja Gallery dan Narashop. Sumber data sekunder, didapatkan secara tidak langsung, data sekunder yaitu data yang berhubungan dengan penelitian. Berdasarkan analisis hukum ekonomi Islam pihak toko yang melakukan penggunaan fake review terlebih dahulu untuk menarik pelanggan, cara tersebut tidaklah sesuai dengan hukum Islam karena mengandung unsur gharar, penggunaan fake review dalam persaingan usaha tersebut tidak dibenarkan, pemilik toko seharusnya bisa menggunakan cara promosi untuk usahanya sesuai dengan jual beli pada umumnya. Untuk dikenal masyarakat banyak hal-hal yang bisa diperhatikan oleh pemilik toko agar toko tersebut dapat diminati oleh banyak pelanggan. Penggunaan fake review belum tentu akan efektif berjalan sepanjang waktu, akan tetapi jika produk yang di jual di toko memiliki kualitas yang bagus dengan harga yang terjangkau tanpa menggunakan fake review pun pasti pelanggan akan terus membeli di toko Arja Gallery.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaghfur, MaghfurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Akad Salam, Hukum Ekonomi Syariah&Hukum Positif Indonesia, Shopee
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.2 Muamalat, Muamalah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 340 Law (Ilmu Hukum) > 343.07 Regulation of Economic Activity/Regulasi Ekonomi, Peraturan Kegiatan Ekonomi, Hukum Industri
Divisions: Fakultas Syariah > Prodi Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Fasya
Date Deposited: 08 Jul 2024 08:49
Last Modified: 08 Jul 2024 08:50
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8801

Actions (login required)

View Item View Item