Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas Vii Di Mts Ma’arif Nu Sragi

Barokah, Sunariyah Esty (2024) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas Vii Di Mts Ma’arif Nu Sragi. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120232_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2120232_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2120232_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Permasalahan yang dihadapi pada pendidik yang sedang terjadi adalah implementasi kurikulum Merdeka belajar. Salah satu yang membuktikan bahwa pendidik masih kesulitan melaksanakan kurikulum Merdeka belajar ditandai dengan baru diterapkannya kurikulum Merdeka belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana implementasi pembelajaran MBKM pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTs Ma’arif NU Sragi?, Bagaimana faktor pendukung dan penghambat penerapan MBKM pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTs Ma’arif NU Sragi? Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian menggunakan sumber data berupa data primer dan data skunder untuk mendapatkan data yang maksimal sesuai keinginan. Teknik pengumpulan data pada penilitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan : 1.) Implementasi kurikulum Merdeka pada mata Pelajaran fikih kelas VII di MTs Ma’arif NU Sragi terbagi menjadi 3 yaitu: a.) Perencanaan pembelajaran, b.) Pelaksanaan pembelajaran, c.) Evaluasi pembelajaran. 2.) faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum merdeka belajar kelas VII di MTs Ma’arif Nu Sragi yaitu: a.) faktor pendukung meliputi: pelatihan dan pendampingan dari pemerintah dan sarana dan prasarana sangat mendukung dalam penerapan pembelajaran fikih. b.) faktor penghambat meliputi: pendidik kesulitan menerapkan kurikulum merdeka belajar dan peserta didik yang belum siap.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTaufiq, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Mata Pelajaran Fikih
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 08 Jul 2024 02:44
Last Modified: 08 Jul 2024 02:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8815

Actions (login required)

View Item View Item