Anggraini, Fatimah (2024) Strategi guru pai dalam menumbuhkan karakter moderat siswa di MI NU Takhassus Karangjati Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2117382_COVER_BAB I & BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
2117382_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
2117382_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Moderat berarti menghindari perilaku yang ekstrem atau pengungkapan yang ekstrem dan lebih memilih kearah jalan tengah dengan mempertimbangkan pandangan pihak lain. Moderat mempunyai arti yang sama dengan moderasi, yakni pengurangan kekerasan atau penghindaran keekstreman. Moderat dalam istilah Arab dikenal dengan kata tawassuth, At-tawazun atau al-wasathiyyah yang berarti jalan tengah diantara dua kutub yang saling berlawanan. Sikap tawassuth berarti sikap yang berkaitan pada prinsip hidup yang menjunjung tinggi perlakuan adil serta lurus di tengah jalan kehidupan bersama. Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana karakter moderat siswa di MI NU Takhassus Karangjati Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan?. (2) Bagaimana strategi guru PAI dalam menumbuhkan karakter moderat siswa di MI NU Takhassus Karangjati Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan?. Tujuan penelitiannya: (1) Mengetahui bagaimana karakter moderat siswa di MI NU Takhassus Karangjati Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. (2) Mengetahui bagaimana strategi guru PAI dalam menumbuhkan karakter moderat siswa di MI NU Takhassus Karangjati Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di MI NU Takhassus Karangjati Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Subjek penelitian ini adalah guru PAI dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwasannya Karakter Moderat Siswa MI NU Takhassus Karangjati Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan sudah tertanam melalui pembiasaan-pembiasaan yang diajarkan di kelas, diantaranya: setiap pulang sekolah seluruh siswa harus bersalaman satu sama lain dan hampir seluruh siswa memiliki kesadaran untuk saling mengingatkan temannya kemudian beristighfar bersama-sama. Strategi Guru PAI dalam Menumbuhkan Karakter Moderat Siswa MI NU Takhassus Karangjati Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan diantaranya: memberikan metode pengajaran yang sesuai dengan pembentukan karakter dan ikut andil dalam pengawasan melalui buku kendali siswa yang bekerjasama dengan wali kelas dan pihak sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran, Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), Karakter Moderat | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2024 06:09 | ||||||||
Last Modified: | 09 Oct 2024 10:01 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8820 |
Actions (login required)
View Item |