Lutfiyah, Afna (2024) Bimbingan islami melalui metode mujahadah untuk membentuk akhlak karimah siswa di SMA N 1 Kersana. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
3520079_COVER_BAB I & BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
3520079_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
3520079_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pada fase remaja biasanya akan berpengaruh pada sikap, perilaku, kesehatan serta kepribadian seseorang. Banyak pelanggraan yang dilakukan remaja yang harus segara diatasi seperti: tidak beribadah, membolos, tidak disiplin, tidak menghargai saat guru menjelaskan di kelas, tidak belajar secara bersungguh-sungguh, dan membuang sampah sembarangan. Jika tidak segera diatasi dikhawatirkan akan menimbulkan permasalahan yang lebih serius. Maka dari itu sekolah memiliki peran penting dalam pembentukan akhlak karimah siswanya. Salah satunya dengan menggunakan kegiatan bimbingan islami melalui metode mujahadah. Rumusan masalah dalam penelitian ini 1) bagaimana pelaksanaan bimbingan islami melalui metode mujahadah untuk membentuk akhlak karimah siswa di SMA N 1 Kersana?. 2) bagaimana kondisi akhlak karimah siswa di SMA N 1 Kersana setelah mengikuti bimbingan islami melalui metode mujahadah?. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan islami melalui metode mujahadah untuk membentuk akhlak karimah siswa di SMA N 1 Kersana 2) untuk mengetahui kondisi akhlak karimah siswa di SMA N 1 Kersana setelah mengikuti bimbingan islami melalui metode mujahadah. Penelitian lapangan ini menggunakan metode penelitian kulaitatif yang mengkaji tentang mujahadah sebagai metode bimbingan islami untuk membentuk akhlak karimah siswa di SMA N 1 kersana. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi lalu dianalisis melalui reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan bimbingan islami melalui metode mujahadah di SMA N 1 Kersana dilakukan melalui tujuan, unsur dan tahapan pelaksanaan bimbingan islami. Terdapat tiga tahapan pelaksanaan yaitu tahap pembukaan, tahap kegiatan (inti) dan tahap penutup. Dimana pada tahap kegiatan (inti) dilakukan melalui pembacaan surah Al-Quran dan asmaul husna secara bersama-sama. Kemudian, hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa adanya perubahan pada siswa setelah mengikuti kegiatan seperti, sebelum mengikuti kegiatan siswa merasa malas untuk melaksanakan salat wajib di sekolah. Namun setelah megikuti kegiatan bimbingan islami melalui metode mujahadah di SMA N 1 Kersana menjadi rajin melaksanakan salat wajib hingga salat sunah di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Akhlak Karimah, Bimbingan Islami | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2024 06:31 | ||||||||
Last Modified: | 28 Sep 2024 04:11 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8822 |
Actions (login required)
View Item |