Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membina karakter siswa Di SMP N 3 Pekalongan

Mardika, Fiki Fitrotun (2019) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membina karakter siswa Di SMP N 3 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Latar belakang dalam penulisan skripsi ini adalah problematika yang dialami oleh masyarakat Kota Pekalongan dewasa ini tentang gejala kemerosotaan moral yang menjangkit sebagian generasi muda terutama pada anak-anak usia sekolah menengah. Kondisi moral yang hancur ditandai dengan maraknya seks bebas, penyalahgunaan narkoba, tawuran antar pelajar serta peredaran foto serta video porno. Hal ini menjadi tanggung jawab yang tidak hanya dilakukan oleh orang tua saja namun juga para pendidik untuk bersama-sama menjaga anak-anaknya dari segala bentuk penyimpangan agar menjadi generasi yang berkarakter. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru PAI dalam membina karakter siswa di SMP N 3 Pekalongan, bagaimana kondisi karakter siswa di SMP N 3 Pekalongan dan apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam membina karakter siswa di SMP N 3 Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru PAI dalam membina karakter siswa, untuk mendeskripsikan kondisi karakter siswa dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam membina karakter siswa di SMP N 3 Pekalongan. Sedangkan kegunaan penelitian ini adalah sebagai bahan acuan untuk meningkatkan peran guru PAI dalam membina karakter siswa dan untuk menambah khazanah keilmuan dalam dunia pendidikan. Jenis penelitian ini yaitu berupa penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dari penelitian ini adalah metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan menggunakan model Miles dan Huberman di mana langkah-langkahnya meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru PAI di SMP N 3 Pekalongan dalam membina karakter siswa berperan sebagai pendidik, pembimbing, teladan, penasihat, motivator dan evaluator. Kondisi karakter siswa di SMP N 3 Pekalongan sudah bisa dikatakan baik dengan memiliki berbagai karakter seperti religius, toleransi, sopan santun, disiplin dan jujur. Faktor yang mendukung guru PAI dalam membina karakter siswa yaitu berupa peraturan sekolah, intelegensi siswa dan motivasi. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya adalah peran keluarga, masyarakat, keterbatasan waktu, pergaulan dan media masa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI, Membina Karakter Siswa, SMP N 3 Pekalongan
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nuzulul Nuzulul
Date Deposited: 23 Jun 2020 03:41
Last Modified: 23 Jun 2020 03:41
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/883

Actions (login required)

View Item View Item