Strategi Kepala Sekolah Dalam Optimalisasi AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Di MI Hasbullah Karanganyar Tahun Pelajaran 2022/2023

Amalia, Sinta (2024) Strategi Kepala Sekolah Dalam Optimalisasi AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Di MI Hasbullah Karanganyar Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2319135_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2319135_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
2319135_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (997kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua peserta didik untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisispasi positif pada masyarakat. Dalam pelaksanaanya Asesmen Kompetensi Minimum di Indonesia di mulai tahun 2021 yang berbasis komputer, namun tidak semua lembaga pendidikan dapat sukses menerapkannya, seperti di lembaga MI Habullah Karanganyar masih mendapatkan kendala-kendala dalam penerapannya. Tujuan dari penelitin ini adalah 1. Untuk mendeskripsikan pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum di MI Hasbullah Karanganyar. 2. Untuk mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum di MI Hasbullah Karanganyar. 3. Untuk mendeskripsikan solusi untuk mengatasi kendala dalam pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum di MI Hasbullah Karanganyar. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan tringulasi sumber data dan tringulasi metode. Adapun hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) Pada pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum di MI Hasbullah Karanganyar tahun pelajaran 2022 sudah berjalan dengan lancar, meskipun terdapat sedikit kendala. (2) Pada pelaksanaan Asesmen Kompetensi Minimum di MI Hasbullah mendapat masalah atau kendala pertama, kendala faktor sarana dan prasarana. Kedua, kendala server yang eror. Ketiga, kendala waktu pembelajaran dan latihan soal. Keempat, kendala ketersediaan sumber belajar. Kelima, kendala kesiapan dan tersedianya sumber daya manusia. Keenam, kendala motivasi belajar. (3) Solusinya adalah pertama, Bekerja sama dengan Pemerintah untuk pengadaan laptop/komputer sebagai penunjang pembelajaran. Kedua, bekerja sama dengan pihak penyedia layanan internet. Ketiga, memberikan tugas tambahan dalam bentuk soal numerasi dan literasi. Keempat, cara mengumpulkan buku-buku bacaan dari para alumni dan bekerja sama dengan perpustakaan kota blitar. Kelima, menyediakan minimum jumlah panitia. Keenam, bekerja sama dengan orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAfroni, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Kepala Sekolah, Optimalisasi, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 09 Jul 2024 02:52
Last Modified: 07 Oct 2024 03:10
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8831

Actions (login required)

View Item View Item