Analisis Problematika Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar Negeri 2 Tanjungsari Sugihwaras Pemalang

Sufimadina, Nabila (2024) Analisis Problematika Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar Negeri 2 Tanjungsari Sugihwaras Pemalang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2317262_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2317262_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2317262_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Nabila Sufimadina. 2024. “Analisis Problematika Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri 2 Tanjungsari Sugihwaras Pemalang.”. Skripsi. Program Studi PGMI. FTIK UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Abdul Mukhlis M.Pd. Penelitian ini dilakukan karena peneliti menemukan permasalahan yang terjadia di SD Negeri 2 Tanjungsari Sugihwaras Pemalang yakni masih banyak anak-anak di kelas II ini yang mengalami kesulitan membaca dan faktor apa saja yang membuat siswa mengalami kesulitan dalam ketrampilan membaca permulaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mengidentifikasi problematika apa saja yang menjadi penghambat dalam membaca permulaan, dan faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi keterampilan membaca permulaan kelas II di SD Negeri 2 Tanjungsari Sugihwaras Pemalang Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori jenis field research atau penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan yaitu deskripsi kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), penarikan data kesimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas II SD Negeri 2 Tanjungsari Sugihwaras Pemalang itu ada 10 di kelas II A dan II B berjumalah 3 memiliki kesulitan masing-masing anak berbeda seperti kesulitan dalam mengenal huruf, kesulitan mengenal huruf diftong dan difgraf, sulit dalam penggunaan tanda baca. Faktor-faktornya juga ada faktor pendukung dan penghambatnya, faktor pendukung ada faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal ada faktor psikologi seperti minat dan kesadaran diri dari siswa itu sendiri, faktor eksternalnya yaitu lingkungan sosial seperti teman dan orang terdekat siswa. Sedangkan faktor penghambatnya pun ada faktor dari diri siswa yakni internal seperti malas belajar, jarang membaca buku,sedang dari lingungan seperti bermain yang lupa waktu keluarganya tidak memberikan motivasi dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMukhlis, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: problematika ketrampilan membaca,membaca permulaan,faktor-faktor penghambat
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 08 Jul 2024 08:13
Last Modified: 08 Jul 2024 08:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8837

Actions (login required)

View Item View Item