Peningkatan Budaya Membaca dan Menulis melalui Program Simak Baca Pagi pada Siswa Kelas V di SD Negeri Banjiran Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang”

Aslama, Ilmi Nuriqi (2024) Peningkatan Budaya Membaca dan Menulis melalui Program Simak Baca Pagi pada Siswa Kelas V di SD Negeri Banjiran Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang”. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2320102_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2320102_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

SD Negeri Banjiran Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang adalah salah satu sekolah yang telah menerapkan program simak baca pagi yang sudah berjalan cukup baik. Program simak baca pagi ini adalah suatu program literasi dimana mengajarkan siswa untuk mencintai atau menyukai kegiatan membaca dan menulis dengan baik, sehingga dapat meningkatkan budaya membaca dan menulis pada siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1. Bagaimana upaya meningkatkan budaya membaca dan menulis melalui program simak baca pagi pada siswa kelas V di SD Negeri Banjiran Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang? 2.Bagaimana hasil kegiatan program simak baca pagi terhadap peningkatan budaya membaca dan menulis melalui program simak baca pagi pada siswa kelas V di SD Negeri Banjiran Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya peningkatan budaya membaca dan menulis melalui program simak baca pagi pada siswa kelas V di SD Negeri Banjiran Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang dan mendeskripsikan hasil kegiatan program simak baca pagi terhadap peningkatan budaya membaca dan menulis melalui program simak baca pagi pada siswa kelas V di SD Negeri Banjiran Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas V, dan siswa kelas V. Sumber data sekunder didapat dari dokumen-dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: upaya yang dilakukan dalam meningkatkan budaya membaca dan menulis melalui program simak baca pagi pada siswa kelas V di SD Negeri Banjiran yaitu pembiasaan literasi dengan simak baca pagi, pembuatan pojok baca, dan kunjungan ke perpustakaan. Hasil kegiatan program simak baca pagi terhadap peningkatan budaya membaca dan menulis melalui program simak baca pagi pada siswa kelas V di SD Negeri Banjiran yaitu minat baca siswa meningkat, keterampilan membaca dan menulis siswa meningkat, dan melatih siswa untuk berfikir secara kritis.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHasanah, Fatmawati NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Membaca, Menulis, Simak Baca Pagi
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 09 Jul 2024 04:48
Last Modified: 09 Jul 2024 04:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8843

Actions (login required)

View Item View Item