Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Dalam Upaya Pencegahan Perilaku Bullying Pada Peserta Didik Di Sd Islam 02 Kota Pekalongan

Salsabela, Dhea Ananda (2024) Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Dalam Upaya Pencegahan Perilaku Bullying Pada Peserta Didik Di Sd Islam 02 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320090_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2320090_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2320090_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya perilaku bullying yang terjadi di sekolah dasar menunjukkan suatu bentuk gejala sosial, perilaku ini cenderung terjadi kepada pelajar di sekolah. Pemerintah telah menerapkan berbagai program untuk mengurangi tindakan bullying di sekolah. Salah satu programnya adalah Sekolah Ramah Anak. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk memberikan deskripsi pelaksanaan Program Sekolah Ramah Anak Dalam Upaya Pencegahan Perilaku Bullying Pada Peserta Didik di SD Islam 02 Pekalongan, (2) Untuk memberikan deskripsi mengenai hasil dalam Implemetasi Program Sekolah Ramah Anak Dalam Upaya Pencegahan Perilaku Bullying Pada Peserta Didik di SD Islam 2 Pekalongan. Jenis penelitian ini berupa penelitian lapangan dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan program sekolah ramah anak di SD Islam 02 Kota Pekalongan dalam programnya dapat mengatasi bullying yang terjadi di lingkungan sekolah karena dalam program sekolah ramah anak di SD Islam 02 Kota Pekalongan memiliki tiga langkah-langkah dalam pelaksanaan yaitu meliputi perencanaan, pelaksananaan, dan evaluasi. Selain itu terdapat juga faktor pendukung dan faktor penghambat program sekolah ramah anak di SD Islam 02 Kota Pekalongan. Terdapat 4 faktor pendukung program sekolah ramah anak di SD Islam 02 Kota Pekalongan yaitu, a) adanya program sekolah yang terjadwal, b) kebijakan sekolah yang tegas, c) menyediakan layanan bimbingan dan konseling, d) melibatkan partisipasi orang tua. Adapun faktor penghambatnya yaitu, a) Lingkungan luar sekolah yang terbawa oleh anak ke sekolah, b) Terbatasnya sumber daya, c) Sulit mengatur pertemuan dengan komite sekolah, d) Kurangnya pemahaman tentang pentingnya SRA dan bagaimana mengatasi perilaku bullying. Hasil dari implementasi program sekolah ramah di SD Islam 02 Kota Pekalongan dengan dilaksanakannya program-program yang ada sehingga dapat mengurangi terjadinya tindakan bullying yang terjadi di SD Islam 02 Kota Pekalongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuniroh, Siti MumunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Program Sekolah Ramah Anak, Bullying
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 09 Jul 2024 08:48
Last Modified: 09 Jul 2024 08:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8870

Actions (login required)

View Item View Item