Analisis Kemampuan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill Pada Materi Luas Daerah Bangun Datar

Rosul Maulana, Hisyam (2024) Analisis Kemampuan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill Pada Materi Luas Daerah Bangun Datar. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320138_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2320138_FULL TEXT B5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2320138_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Maulana, Hisyam Rosul. 2024. Analisis Kemampuan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill Pada Materi Luas Daerah Bangun Datar. Skripsi. Pekalongan: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Ahmad Faridh Ricky Fahmy, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sistem evaluasi pembelajaran yang memiliki tujuan agar pembelajaran tidak hanya berfokus pada kemampuan dan pengetahuan tetapi menekankan pengembangan keterampilan siswa dalam mengatasi masalah yang tidak rutin dengan demikian proses belajar dapat mencakup sepenuhnya dinamika berpikir siswa. Dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa salah satunya dengan melakukan tes berupa soal tipe HOTS yang sangat penting dalam pembelajaran guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menghadapi persoalan di abad 21. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal matematika tipe HOTS pada materi luas daerah bangun datar. (2) untuk menjelaskan kendala yang dialami siswa dalam mengerjakan soal tipe HOTS pada materi luas daerah bangun datar. Jenis penelitian ini berupa penelitian deskriptif kualitatif sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu guru kelas, siswa kelas 5, daftar nilai, daftar soal HOTS. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari buku dan peneliti dari peneliti sebelumnya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes tertulis. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam mengerjakan soal matematika tipe HOTS pada materi luas daerah bangun datar terbagi menjadi 3 kategori yaitu: (1) Siswa Berkemampuan Tinggi (SBT) dalam menggunakan kemampuannya dengan sangat baik dan memuaskan, baik tahap menganalisis, mengevaluasi hingga mencipta. Sedangkan kendalanya yaitu kurang percaya diri dan fokus. (2) Siswa Berkemampuan Sedang (SBS) dalam menggunakan kemampuannya dengan cukup baik dalam tahap menganalisis dan mengevaluasi, dan tahap mencipta kurang baik. Sedangkan kendalanya yaitu kurang memahami materi, tidak mengetahui perintah soal dan kurang mengetahui rumus hingga langkah-langkah pengerjaannya. (3) Siswa Berkemampuan Rendah (SBR) dalam menggunakan kemampuannya kurang baik yang hanya mampu dalam tahap menganalisis, sedangkan tahap mengevaluasi dan mencipta kurang baik atau tidak dapat diidentifikasi. Sedangkan kendalanya tidak mengetahui perintah soal, kurang serius, tidak fokus pada lembar soal, kurangnya motivasi siswa, dan tidak mengetahui rumus hingga langkah-langkah pengerjaannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRicky Fahmy, Ahmad FaridhUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Siswa, Soal HOTS
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 09 Jul 2024 09:04
Last Modified: 09 Jul 2024 09:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8885

Actions (login required)

View Item View Item