Analisis Determinan Pengungkapan Islamic Social Reporting dengan Komite Audit sebagai variabel Moderating pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks 70 (JII70) periode tahun 2021-2023

Nadzifa, Hayu Naila (2024) Analisis Determinan Pengungkapan Islamic Social Reporting dengan Komite Audit sebagai variabel Moderating pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Indeks 70 (JII70) periode tahun 2021-2023. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4320059_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (898kB)
[img] Text
4320059_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Islamic Social Reporting (ISR) merupakan tolak ukur pelaporan kinerja sosial perusahaan yang berbasis islami. ISR dapat digunakan sebagai salah satu pertimbangan investor muslim dalam memilih saham syariah. Tingkat pengungkapan ISR di Indonesia masih didominasi oleh sektor perbankan, sedangkan perusahaan yang berdiri di Indonesia terdiri dari banyak sektor. Hal inilah yang menjadi permasalahan yang perlu untuk dikaji lebih dalam, mengingat Islamic Social Reporting merupakan elemen penting dalam akuntabilitas dan tramsparansi perusahaan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan ISR dan bagaimana Komite audit dapat mempengaruhi hubungan tersebut, dengan harapan dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas mereka dalam menjalankan tanggung jawab sosialnya, serta membantu investor dalam membuat keputusan investasi yang lebih terinformasi. Lebih jelasnya penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Kinerja Lingkungan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting dengan Komite audit sebagai Variabel Moderating pada perusahaan yang terdaftar di JII70 periode tahun 2021-2023. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kausal asosiatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 11 perusahaan yang diperoleh dari Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan analisis data yang digunakan yaitu regresi data panel. Menggunakan pendekatan kuantitaif dengan menggunakan alat analisis yaitu Eviews 13. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Profitabilitas berpengaruh terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting, variabel Leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting, dan Kinerja Lingkungan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting. Variabel Komite audit dapat memoderasi pengaruh Profitabilitas dan Kinerja Lingkungan terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting. Sedangkan variabel Komite audit tidak dapat memoderasi pengaruh Leverage terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting. Kata kunci : Profitabilitas, Leverage, Kinerja Lingkungan, Komite audit, Islamic Social Reporting

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRismawati, Shinta DewiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Leverage, Kinerja Lingkungan, Komite audit, Islamic Social Reporting
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.32 Ekonomi Keuangan Islam
600 TECHNOLOGY AND APPLIED SCIENCES (TEKNOLOGI DAN ILMU TERAPAN) > 650 Management and Auxiliary Service (Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan) > 657 Accounting/Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Akutansi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 11 Jul 2024 07:17
Last Modified: 11 Jul 2024 07:17
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8886

Actions (login required)

View Item View Item