Eksperimentasi Penggunaan Alat Peraga Edukatif Multiplication Table Board Pada Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN Tegalsari 01 Kelas III Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang

Hidayah, Nailil (2024) Eksperimentasi Penggunaan Alat Peraga Edukatif Multiplication Table Board Pada Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Terhadap Hasil Belajar Siswa SDN Tegalsari 01 Kelas III Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2317208_COVER_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2317208_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2317208_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Matematika adalah suatu bidang ilmu yang melatih penalaran supaya berpikir logis, sistematis dalam menyelesaikan masalah dan membuat keputusan. Siswa menganggap matematika tidak menarik dan penuh rumus, sehingga mengakibatkan siswa kurang berhasil dalam belajar matematika, dalam proses pembelajaran matematika siswa sering melakukan kesalahan-kesalahan yang mengakibatkan siswa tidak tuntas dalam belajar, hal ini menyebabkan tujuan yang ditetapkan tidak tercapai. Permasalahan yang menunjukkan bahwa terdapat siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep materi operasi hitung perkalian membuat penulis tertarik untuk berfokus pada pembahasan terkait dengan dunia pendidikan. Tujuan pembelajaran matematika secara umum yaitu (1) meningkatkan kemampuan intelektual, (2) kemampuan menyelesaikan masalah, (3) hasil belajar tinggi, (4) melatih berkomunikasi, dan (5) mengembangkan karakter siswa. Adapun tujuan pembelajaran matematika pada tingkat SD/MI adalah agar siswa mengenal angka-angka sederhana, operasi hitung sederhana, pengukuran, dan bidang. Jenis penelitian yang digunakan menggunakan eksperimen, Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini berjenis populasi target (target population), populasi dari penelitian ini adalah Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri Tegalsari 01 Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu dengan teknik non probability sampling, pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan jenis teknik cluster random sampling, dan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan pengacakan dengan jumlah 26 (satu kelas) siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Batang. Teknik analisis data menggunakan uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), uji hipotesis (t-test) dan uji paired t-test. Berdasarkan pembahasan yang sudah diuraikan melalui nilai adjusted R Square atau koefisien determinasi R2 sebesar 0,593 atau 59,3%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel alat peraga edukatif multiplication table board (X) memiliki kontribusi sebesar 59,3% dalam menerangkan variabel hasil belajar siswa (Y). Ringkasan hasil statistik deskriptif dari kedua sampel yang diteliti yakni nilai pre test diperoleh rata-rata hasil belajar atau mean sebesar 81,69, sedangkan untuk nilai post test diperolah nilai rata-rata hasil belajar sebesar 89,35, sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya metode demonstrasi berbantu alat peraga multiplication table board efektif terhadap pemahaman konsep perkalian matematika kelas III Sekolah Dasar Negeri Tegalsari 01 Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDewi, Heni LiliaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga Edukatif Multiplication Table Board, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 11 Jul 2024 01:29
Last Modified: 26 Aug 2024 01:58
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8916

Actions (login required)

View Item View Item