Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I di SD Negeri Brokoh Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang

Ayu, Citra (2024) Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I di SD Negeri Brokoh Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN.

[img] Text
2320027_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2320027_Full text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Penelitian ini berangkat dari kebijakan kurikulum merdeka belajar yang diluncurkan pada tanggal 11 Februari 2022. Suatu kebijakan baru pasti akan menimbulkan permasalahan, maka dari itu diperlukan upaya untuk mengatasi permasalah tersebut. Penerapan kurikulum merdeka belajar akan terlaksana dengan baik setelah sekolah mampu mengatasi permasalahan yang ditimbulkan dari diterapkannya kurikulum merdeka belajar. Rumusan masalah penelitian ini yaitu : 1. Bagaimana penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SD Negeri Brokoh 2. Apa permasalahan penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SD Negeri Brokoh 3. Bagaimana upaya mengatasi permasalahan penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SD Negeri Brokoh?. Jenis penelitian ini yaitu penelitian studi lapangan, dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sumber data primer yaitu guru kelas I, sedangkan sumber data sekunder yaitu kepala sekolah dan buku referensi yang terkait dengan judul penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1. Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SD Negeri Brokoh sudah berjalan dengan baik, meliputi dari persiapan, pelaksanaan dan penilaian. 2. Permasalahan penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SD Negeri Brokoh antara lain: kurangnya pelatihan, pembelajaran terdiferensiasi, dan mindset . 3. Upaya dalam mengatasi permasalah penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas I di SD Negeri Brokoh antara lain: mengikuti workshop, meningkatkan kreativitas guru, dan sharing.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMufidah, ElyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Kurikulum Merdeka Belajar, Bahasa Indonesia, Permasalahan dan Upaya.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 11 Jul 2024 03:59
Last Modified: 23 Aug 2024 09:30
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8919

Actions (login required)

View Item View Item