Pembentukan Karakter Siswa Kelas V Melalui Implementasi P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di MI YMI Wonopringgo 02 Kabupaten Pekalongan

Safitriana, Dian Ika (2024) Pembentukan Karakter Siswa Kelas V Melalui Implementasi P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di MI YMI Wonopringgo 02 Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320011_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (916kB)
[img] Text
2320011_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Proses pembentukan karakter bagi siswa di tingkat MI, khususnya berupa pembinaan karakter dilihat sebagai suatu kebutuhan untuk dilakukan Pembentukan secara terencana dan terukur, karenanya Pembentukan karakter harus benar-benar diimplementasikan dalam kegiatan pendidikan di tingkat dasar agar nilai-nilai atau norma-norma dasar keagamaan Islam benar-benar menjadi pondasi yang kuat bagi warga generasi muda sejak dini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan P5 di MI YMI Wonopringgo 02 kabupaten Pekalongan (2) Bagaimana karakter siswa Kelas V di MI YMI Wonopringgo 02 kabupaten Pekalongan dan (3) Bagaimana tantangan dan solusi dalam Pembentukan karakter siswa kelas V melalui P5 di MI YMI Wonopringgo 02 kabupaten Pekalongan Tujuan penelitiannya adalah untuk mengetahui (1) Penerapan P5 di MI YMI Wonopringgo 02 kabupaten Pekalongan, (2) Karakter siswa Kelas V di MI YMI Wonopringgo 02 kabupaten Pekalongan dan (3) Tantangan dan solusi dalam pembentukan karakter siswa kelas V melalui P5 di MI YMI Wonopringgo 02 kabupaten Pekalongan. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan, dimana penelitian dilaksanakan pada realita kehidupan yang sebenarnya. Metode yang digunakan dengan observasi berupa pengamatan, angket berupa pertanyaan terstruktur, interview berupa wawancara dan dokumentasi berupa data lapangan. Analisis data dengan menggunakan kualitatif yang didapat dari hasil observasi dan wawancara mendalam dengan kepala madrasah, wali kelas, guru PAI dan juga perwakilan siswa yang disimpulkan dalam pernyataan-pernyataan. Penerapan kegiatan P5 (proyek penguatan profil pelajar Pancasila) dilaksanakan melalui pembiasaan-pembiasaan amalan agama Islam yang diselipkan dalam pembelajaran rutin seperti kegiatan berdoa, kegiatan membaca al-Qur’an, kegiatan sholat dhuha dan kegiatan sholat dzuhur berjama’ah dan sebagainyadan juga kegiatan di luar pembelajaran berupa ekstra kurikuler. Karakter siswa kelas V di MI YMI Wonopringgo 02 kabupaten Pekalongan berupa: 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bergotong-royong, 4) berkebinekaan global, 5) bernalar kritis, dan 6) kreatif sebagai perwujudan dari profil pelajar Pancasila. Tantangan dan solusi dalam pembentukan karakter siswa kelas V melalui P5 diantaranya: a) latar belakang keluarga siswa, di mana dari perbedaan latar belakang keluarga siswa terdapat siswa yang sulit melakukan penyesuaian program madrasah ; dan b) domisili orang tuanya, di mana domisili orang tua yang jauh atau bersama dengan anak menjadi anak kurang pengawasan. Adapun yang menjadi solusi dari program tersebut diantaranya; (a) peran optimal para guru, (b) perhatian orang tua dan (c) kondisi lingkungan madrasah yang agamis dengan fasilitas masjid dan pondok pesantren di sekitar madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNurkhamidi, ArisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Karakter Siswa dan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 12 Jul 2024 07:03
Last Modified: 26 Aug 2024 03:02
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8957

Actions (login required)

View Item View Item