Analisis Fenomena Konten Sedekah Di Akun Tiktok @muhammad_hasan_abdillah

Auliana, Khanifah (2024) Analisis Fenomena Konten Sedekah Di Akun Tiktok @muhammad_hasan_abdillah. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3420080_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3420080_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Khanifah Auliana. 3420080. 2024. Analisis Fenomena Konten Sedekah di Akun Tiktok @muhammad_hasan_abdillah. Skripsi. Fakultas/Program Studi: Ushuluddin , Adab dan Dakwah/Komunikasi dan Penyiaran Islam. Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: Kholid Noviyanto, MA. Hum. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena sedekah yang sedang marak terjadi di Tiktok. Konten sedekah atau konten berbagi banyak ditemui pada beberapa akun tiktok yang memang berfokus pada konsep videonya yang membagikan sebagian uang, makanan atau lainnya. Pada penelitian memilih akun @muhammad_hasan_abdillah untuk dijadikan objek dan menggali konten-kontennya yang berisi tentang sedekah. Tujuan penelitian adalah: a) Untuk mengetahui dan menganalisis isi konten di akun @muhammad_hasan_abdillah, b) Untuk mengetahui respon masyarakat terkait konten yang disajikan di akun @muhammad_hasan_abdillah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis konten dengan menggunakan teori agenda setting. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi di media tiktok dan dokumentasi : komentar dan video. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, klasifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Kegunaan peneliti ini yaitu meliputi kegunaan teoritis dan praktis. Hasil penelitian menunjukan bahwa gambaran pada konten video sedekah di akun @muhammad_hasan_abdillah yang memiliki pengikut 3,5 juta menjadi salah satu pengaruh untuk masyarakat yang menontonnya. Fenomena sedekah yang diperlihat pada media sosial tiktok tampak memberikan respon yang baik dan positif. Hasil tersebut juga diperlengkap adanya rata-rata jumlah populasi respon yang ditampilkan pada diagram lingkaran. Hal itu juga akan membantu memperjelas dengan menggunakan teori agenda setting meliputi 3 indikator penting yaitu media agenda, publik agenda dan policy agenda. Pada kontennya creator @muhammad_hasan_abdillah menyajikan konten yang mudah dipahami oleh masyarakat, dengan konsep berbaginya yang tidak hanya pada satu tempat melainkan mengeksplor tempat lain. Selain itu respon masyarakat dapat diuraikan menjadi 3 jenis yaitu respon kognitif, afektif dan konatif. Melalui hasil respon tersebut memberikan pembelajaran secara tidak langsung bahwa harus selalu bersyukur dan menerapkan kepekaan terhadap lingkungan untuk saling tolong menolong melalui berbagi atau bersedekah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNoviyanto, KholidUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Konten Sedekah, Tiktok.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:22
Last Modified: 19 Jul 2024 03:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8988

Actions (login required)

View Item View Item