Metode ziyadah dan muroja’ah terhadap tahfidzul qur’an siswa Islamic Boarding School (IBS) Darul Ulum MAN 1 Kota Pekalongan

Nisa, Khafidatun (2024) Metode ziyadah dan muroja’ah terhadap tahfidzul qur’an siswa Islamic Boarding School (IBS) Darul Ulum MAN 1 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2120054_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2120054_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Pekalongan merupakan sekolah formal berbasis agama pada tahun 2016 mendirikan program Islamic Boarding School (IBS). IBS merupakan salah satu pendidikan yang bertujuan bagi siswa menjalankan pendidikan formal dan mendalami ilmu agama berbasis kepesantrenan dengan mengikuti kegiatan di dalam lingkungan sekolah dan bertempat tinggal di asrama Darul Ulum MAN 1 Kota Pekalongan. Program Tahfidzul Qur’an merupakan program unggulan yang ada di IBS Darul Ulum. Metode ziyadah dan muroja’ah sangat efektif dalam menghafal Al-Qur’an, karena dapat membantu siswa menghafal ayat Al-Qur’an yang baru dan dapat istiqomah dalam menjaga hafalannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implikasi metode ziyadah dan muroja’ah terhadap tahfidzul Qur’an siswa Islamic Boarding School Darul Ulum MAN 1 Kota Pekalongan dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat metode ziyadah dan muroja’ah terhadap tahfidzul Qur’an siswa Islamic Boarding School Darul Ulum MAN 1 Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif pendekatan deskriptif, data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) implikasi metode ziyadah dan muroja’ah sangat efektif dalam menghafal Al-Qur’an di IBS Darul Ulum dan semua kegiatannya sudah terjadwalkan. Pelaksanaan ziyadah silaksanakan setiap pagi setelah subuh, untuk muroja’ahnya dibagi menjadi tiga yaitu muroja’ah kepada musyrifah dilaksankaan setiap sore dan malam hari setelah maghrib, muroja’ah kepada teman dengan sistem halaqoh dilaksanakan setiap seminggu sekali setiap senin malam selasa, dan muroja’ah pribadi, dilakukan diri sendiri dan sesuai waktu luang mereka. 2) faktor pendukung: a. keniatan kemampuan dan kesabaran dalam menghafal Al-Qur’an, b. disiplin waktu dan istiqomah, c. pengajar dan musyrifah, d. fasilitas untuk menunjang menghafal Al-Qur’an. Sedangkan faktor penghambatnya: a. kesulitan dalam menghafal ayat Al-Qur’an, b. rasa malas, c. sering lupa, d. pengaruh lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMutammam, MutammamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tahfidzul qur’an, metode ziyadah, metode muroja’ah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 15 Jul 2024 08:02
Last Modified: 06 Aug 2024 03:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/8997

Actions (login required)

View Item View Item