Strategi guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak peserta didik di SMP Negeri 2 Warungasem Kabupaten Batang

Indanah, Nur (2018) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam membina akhlak peserta didik di SMP Negeri 2 Warungasem Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Strategi pada intinya adalah langkah- langkah terencana yang bermakna luas dan mendalam berdasarkan pada teori dan pengalaman. Membina akhlak adalah sebagian dari upaya memelihara, menumbuhkan, mengembangkan, menyempurnakan, atau membawa pada keadaan yang lebih baik. Untuk dapat mewujutkan anak didik yang berakhlakul karimah maka guru PAI harus mempunyai strategi dalam membina akhlak yang baik, pembinaan akhlak menjadi prioritas utama karena harapan terbesar bertumpu pada peserta didik sebagai penerus generasi bangsa yang Islami . cerminan akhlak yang baik dapat dilihat dari aktivitas ibadah dan kehalusan perilaku. Semakin tinggi aqidah seseorang niscaya akan terlihat semakin tinggi semangatnya dalam beribadah dan semakin halus budi pekertinya. Dengan demikian, maka dalam rangka menyelamatkan dan memperkokoh aqidah Islamiyah peserta didik SLTP Negeri 2 Warungasem Batang. Pembinaan akhlak harus dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, sehingga di kemudian hari akhlak peserta didik benar- benar dapat diaplikasikan di dalam masyarakat, keluarga, serta dilingkungan SLTP Negeri 2 Warungasem Batang. Dalam penelitian ini, peneliti mengajukan permasalahan tentang bagaimana Strategi guru pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak peserta didik di SLTP Negeri 2 Warungasem Batang, dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam membina akhlak peserta didik di SLTP Negeri 2 Warungasem Batang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak peserta didik di SLTP Negeri 2 Warungasem Batang dan untuk mendeskripsikan faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam Membina Akhlak Peserta Didik di SLTP Negeri 2 Warungasem Batang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian berupa penelitian lapangan atau field research. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode observasi, metode interview, metode dokumentasi dan metode analisis data. Sesuai dengan penelitian ini yakni penelitian kualitatif, bahwa data yang dianalisis penulis tidak berupa angka- angka, tetapi dalam bentuk argumen, yaitu informasi yang diperoleh penulis dari informasi. Berdasarkan penelitian ini menunjukan bahwa Strategi guru PAI dalam Membina Akhlak Peserta Didik di SLTP Negeri 2 Warungasem Batang antara lain melalui metode dialog/ Hiwar, pembiasaan yang baik, memberikan teladan, penyampaian hikmah/ nasihat, dan persuasi. Faktor pendukung dan penghambat dalam Membina Akhlak Peserta Didik di SLTP Negeri 2 Warungasem Batang adalah faktor pendukung dalam Membina Akhlak Peserta Didik adalah latar belakang keluarga peserta didik yang baik, sarana dan prasarana yang memadai, buku- buku Agama yang komplit, dan kebijakan Sekolah yang sangat akomodatif terhadap nilai- nilai Agama. Dan faktor penghambat dalam membina Akhlak peserta didik adalah terlalu banyak kegiatan , alokasi waktu yang sangat minim, pemahaman dari warga sekolah yang representatif, dan latar belakang peserta didik yang heterogen.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuthoin, MuthoinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi dalam membina akhlak
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Noorma Fitriana M. Zain
Date Deposited: 23 Jun 2020 04:48
Last Modified: 23 Jun 2020 04:48
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/901

Actions (login required)

View Item View Item