Peran guru dalam membentuk kesantunan berbahasa siswa melalui pembiasaan Bahasa Jawa Krama Di MI Rifa’iyah Dadirejo

Puspitasari, Endah (2024) Peran guru dalam membentuk kesantunan berbahasa siswa melalui pembiasaan Bahasa Jawa Krama Di MI Rifa’iyah Dadirejo. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320002_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2320002_FULL TEXT B5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2320002_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan budaya dari luar yang sangat cepat di sekitar anak-anak, sehingga menyebabkan banyak anak yang kurang santun dalam berbahasa. Salah satu penyebab utama adalah penggunaan bahasa gaul di kalangan anak-anak saat ini yang semakin populer. Anak-anak percaya bahwa menggunakan bahasa gaul ini akan membuat mereka lebih diterima oleh teman-teman sebaya dan mengikuti tren di lingkungan mereka. Dampaknya adalah penggunaan bahasa yang kurang tepat dan berkurangnya penggunaan bahasa yang santun. Oleh karena itu, perhatian dari orang tua dan guru sangat diperlukan untuk mengajarkan penggunaan bahasa yang santun dan sesuai dengan nilai-nilai yang baik kepada anak-anak. Adapun tujuan penelitian adalah: 1)Untuk mengetahui kesantunan berbahasa Jawa krama di MI Rifa’iyah Dadirejo. 2)Untuk mengetahui peran guru dalam membentuk kesantunan berbahasa siswa melalui bahasa Jawa krama di MI Rifa’iyah Dadirejo. 3)Untuk menjelaskan faktor penghambat dan upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan pembentukan kesantunan berbahasa siswa dalam pembiasaan bahasa Jawa krama di MI Rifa’iyah Dadirejo. Jenis penelitian ini berupa penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu guru kelas dan Siswa di MI Rifa’iyah Dadirejo. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari buku bacaan, jurnal, kepala sekolah dan peneliti dari peneliti sebelumnya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesantunan berbahasa siswa di MI Rifa’iyah Dadirejo sudah baik, hal ini dapat dilihat dari kebiasaan mereka menyapa kepada orang yang lebih tua dan memberikan penghormatan dengan cara membungkukkan badan ketika bertemu dengan guru atau orang yang lebih tua. peran guru dalam membentuk kesantunan berbahasa siswa melalui pembiasaan bahasa Jawa krama yang dilaksanakan melalui lima peran yaitu peran guru sebagai pendidik, manager, motivator, dinamisator, dan peran guru sebagai supervisor. Penghambatnya yaitu lingkungan sosial masyarakat, kurangnya pemahaman guru terhadap bahasa Jawa krama, dan media sosial. Sedangkan upaya untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dengan meningkatkan kerja sama antara guru dan orang tua, meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru dalam berbahasa Jawa krama, dan memanfaatkan media sosial untuk pembelajaran dengan memberikan vidio mengenai penggunaan bahasa Jawa krama dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorPrabowo, Dimas SetiajiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Kesantunan Berbahasa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 17 Jul 2024 06:06
Last Modified: 17 Jul 2024 06:06
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9011

Actions (login required)

View Item View Item