Pengaruh Citra Merek, Gaya Hidup dan Religiusitas terhadap Perilaku Konsumtif Santri Putri Pondok Pesantren Syafi’i Akrom Kota Pekalongan

Nisa’, Avinatun (2024) Pengaruh Citra Merek, Gaya Hidup dan Religiusitas terhadap Perilaku Konsumtif Santri Putri Pondok Pesantren Syafi’i Akrom Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4120061_Cover_Bab I & Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4120061_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perilaku konsumtif yang sering dikenal dengan gaya hidup berlebihan diartikan sebagai perilaku seseorang yang cenderung melakukan pembelian secara berlebihan tanpa berdasarkan akal (irasional) dan lebih mendahulukan keinginan daripada kebutuhan. Opini, sikap, dan persepsi pelanggan terhadap suatu merek atau produk mempengaruhi pilihan seseorang untuk melakukan pembelian. Perilaku konsumtif dalam Islam diartikan dengan istilah israf yang mempunyai arti berlebihan. Setiap manusia yang tidak memiliki kontrol diri akan menunjukkan perilaku konsumtif yang bertentangan dengan prinsip-prinsip agama. Konsumsi yang berlebihan dapat menimbulkan efek negatif terutama bagi kesehatan itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh dari pengaruh citra merek, gaya hidup dan religiusitas terhadap perilaku konsumtif santri putri Pondok Pesantren Syafi’i Akrom Kota Pekalongan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 79 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling dengan pendekatan proportionate stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan IBM SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial citra merek dan gaya hidup berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif. Sementara itu religiusitas tidak berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif. Kemudian secara simultan, citra merek, gaya hidup dan religiusitas berpengaruh terhadap perilaku konsumtif santri putri Pondok Pesantren Syafi’i Akrom Kota Pekalongan. Kata kunci: Citra Merek, Gaya Hidup, Religiusitas dan Perilaku Konsumtif

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNugraha, Aditya AgungUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Citra Merek, Gaya Hidup, Religiusitas dan Perilaku Konsumtif
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:47
Last Modified: 16 Jul 2024 03:47
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9019

Actions (login required)

View Item View Item