Perbandingan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka (Analisis Standar Isi Mata Pelajaran Bahasa Arab Jenjang MTs)

Mubarokah, Ella (2024) Perbandingan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka (Analisis Standar Isi Mata Pelajaran Bahasa Arab Jenjang MTs). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2220022_BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2220022_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Lampiran 2.pdf

Download (316kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Kurikulum adalah bagian penting dari proses pendidikan, dan tanpanya pendidikan tidak mungkin dilakukan. Singkatnya, kurikulum berfungsi sebagai standar untuk pengajaran. Ditegaskan demikian, karena kurikulum merupakan dasar dari pembelajaran yang dilakukan di sekolah. Kurikulum selalu diperbarui, tetapi mengimbangi pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pendidikan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi perbaikan kurikulum. Seperti halnya perubahan Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka sebagaimana yang diberlakukan saat ini. Dimana kedua Kurikulum tersebut masing-masing memiliki karakteristik tersendiri, yakni Kurikulum 2013 berbasis kompetensi dan Kurikulum Merdeka berbasis proyek. Sehubungan dengan kurikulum, Standar Isi juga menjadi salah satu bagian dari pada kurikulum, dimana Standar Isi dibuat berdasarkan kurikulum yang berlaku. Standar Isi sendiri dikenal sebagai Ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi peserta didik yang harus dipenuhi atau dicapai pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Berdasarkan latar belakang di atas maka peneliti ingin mengetahui bagaimana konsep Standar Isi pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka beserta perbandingan antara konsep Standar Isi dari kedua Kurikulum pada mata pelajaran bahasa Arab. Dilihat dari manfaat secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman mengenai perbandingan konsep Standar Isi mata pelajaran bahasa Arab pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kepustakaan (library research). Dengan menggunakan pendekatan kualitatif komparatif. Sedangkan untuk teknik pengambilan data berasal dari berbagai sumber yakni dari buku bahan ajar bahasa Arab jenjang MTs serta dokumen-dokumen lainnya yang berkaitan dengan penelitian. Analisis datanya menggunakan teknik Conten Analysis (Analisis Isi). Konsep Standar Isi pada Kurikulum 2013 lebih menekankan pengembangan kompetensi. Sedangkan Kurikulum Merdeka memfokuskan pada pembentukan karakter individu serta pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan (project-based learning). Perbandingan Standar Isi mata pelajaran bahasa Arab dilihat dari kompetensinya, Kurikulum 2013 menggunakan istilah KD-KI. Sedangkan pada Kurikulum Merdeka istilah kompetensi menggunakan Capaian Pembelajaran (CP), kemudian pada pemaparan materinya dari segi kaidah susunan gramatikalnya dicantumkan dalam Capaian Pembelajarannya serta dilengkapi dengan gambar pendukung yang menarik disetiap babnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorTaufiq, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Perbandingan, Standar Isi
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 16 Jul 2024 07:11
Last Modified: 16 Jul 2024 07:11
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9024

Actions (login required)

View Item View Item