Peran tata tertib pondok pesantren dalam melatih kedisiplinan santri di pondok pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal

Safitri, Nanda (2019) Peran tata tertib pondok pesantren dalam melatih kedisiplinan santri di pondok pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan non formal yang eksistensinya masih diakui masyarakat sampai saat ini dengan sistem asrama (kampus) dimana santri-santrinya menerima pendidikan agama melalui sistem pengajian atau madrasah yang sepenuhnya berada dibawah kedaulatan dan kepemimpinan seorang atau beberapa orang Kyai dengan ciri-ciri khas yang bersifat kharismatik serta independen dalam segala hal. . Sebagai sebuah lembaga pendidikan, pesantren mempunyai tujuan yang dirumuskan dengan jelas sebagai acuan program-program pendidikan yang diselenggarakannya.Tujuan didirikan pondok pesanten pada dasarnya dibagi menjadi dua, yaitu tujuan umum, membimbing para santri untuk menjadi manusia yang berkepribadian Islam yang sanggup dengan ilmu agamanya menjadi mubaligh di tengah masyarakat.Sedangkan tujuan khusus yaitu mempersiapkan para santri untuk menjadi orang yang ahli agama serta mengamalkannya dalam kehidupan bermasyarakat Pendekatan dan jenis penelitian jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yaitu mengkaji bagaimana peran tata tertib Pondok Pesantren dalam melatih kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kendal. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Penelitian secara langsung terhadap objek dan dikumpulkan data-data konkret sesuai dengan permasalahan yang dikaji dalam penelitian, di mana tujuan ini penelitian ini adalah untuk mempelajari secara intensif latar belakang, interaksi lingkungan yang terjadi pada satu satuan sosial seperti individu, kelompok, lembaga atau komunitas. Hasil wawancara pengasuh pondok pesantren Ust. Nurul Huda menyebutkan bahwa penetapan peraturan tersebut untuk guru, karyawan, dan siswa. Selain itu, menunjukkan bahwa siswa sudah menaati peraturan sekolah, yaitu“cara berpakaian sudah sesuai dengan jadwal, saat tidak masuk sekolah memberikan keterangan pada sekolah, mengikuti kegiatan upacara bendera, menjalin hubungan harmonis dengan semua warga sekolah dan sebagainya”. Disiplin tidak hanya mengajarkan anak memahami bahwa satiap perilaku akan diikuti hukuman dan penghargaan, tetapi disiplin itu perlu juga diajarkan agar siswa memahami sepenuhnya makna disiplin. Hasil pengamatan yang dilakukan pada (November 2018) menunjukkan bahwa sosialisasi peraturan tata tertib di sekolah sudah cukup baik dengan adanya buku saku yang berisi tentang peraturan yang berlaku di sekolah yang harus di patuhi oleh seluruh santri. selain itu, upaya sosialisasi peraturan tata tertib di Pondok Pesantren Darul Amanah juga di lakukan melalui kegiatan MOS. Hal ini di ungkapkan oleh pengasuh pondok bahwa: “kegaiatan sosialisasi tentang tata tertib yang ada di sekolah ini dilakukan melalui dialog da diskusi atau sharing saat kegiatan MOS agar siswa yang akan belajar disini dapat memahami dan mematuhi peraturan yang ada”

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuhlisin, MuhlisinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Tata Tertib dan Kedisiplinan Santri
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Noorma Fitriana M. Zain
Date Deposited: 23 Jun 2020 05:01
Last Modified: 23 Jun 2020 05:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/903

Actions (login required)

View Item View Item