Penggunaan humor dalam pembelajaran (perspektif psikologi komunikasi)

Ardilla, Febriwizar (2019) Penggunaan humor dalam pembelajaran (perspektif psikologi komunikasi). Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keluhan pembelajaran terkait dengan suasana yang tidak kondusif yang menyebabkan pola interaksi dan komunikasi saat pembelajaran berlangsung menjadi tidak optimal. Kemudian melihat ada satu produk yang bisa dijadikan sebagai elternatif solusi terkait dengan masalah tersebut, ialah humor. Dengan berbagai manfaat dan fungsi yang ditawarkan oleh humor, seharusnya ini bisa dicermati lebih lanjut untuk diadopsi dalam sebuah pembelajaran kaitannya dengan masalah awal tadi. Psikologi komunikasi sebagai kajian ilmu yang fokus pada pengkajian gejolak jiwa pada proses komunikasi dirasa akan mampu menyingkap dan menelaah tentang penggunaan humor dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, (1) Bagaimana pandangan teori psikologi komunikasi tentang penerimaan humor dan (2) Bagaimana teknis penggunaan humor dalam pembelajaran. Berawal dari dua rumusan masalah tersebut akan dikaji segala hal yang berkaitan dengan humor dan kebermanfaatannya serta penggunaannya dalam pembelajaran, sehingga mampu untuk ditelaah teknis penggunaan humor yang tepat daalam suatu proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah adalah library research atau penelitian pustaka. Dengan menggunakan teknik studi pustaka untuk mengumpulkan data dari sumber primer berupa buku Strategi Pembelajaran Menyenangkan Menggunakan Dengan Humor karya Darmansyah dan buku Psikologi Komunikasi karya Jalaluddin Rakhmat. Sementara itu, penelitian ini mengunakan metode analisis yang dikemukakan oleh van Manen, yaitu: (1) Apache, (2) Reduksi, dan (3) Strukturisasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Humor dengan segala menfaatnya dapat mengoptimalkan proses interaksi dan komunikasi setelah dianalisis mengunakan tiga ranah teori dalam kajian psikologi komunikasi, dan (2) Penggunaan humor dalam pembelajaran bisa dilakukan dengan dua jenis humor yaitu planned humor dan unplanned humor, sementara untuk waktu penggunaanya yang direkomendasikan adalah saat awal pertemuan, jeda strategis, dan akhir pertemuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSuraji, ImamUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Humor, Pembelajaran, Psikologi Komunikasi.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Noorma Fitriana M. Zain
Date Deposited: 23 Jun 2020 07:03
Last Modified: 23 Jun 2020 07:03
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/907

Actions (login required)

View Item View Item