Peran pondok pesantren dalam pembentukan karakter santri putri (studi kasus di Pondok Pesantren Muhammadiyah Miftahul Ulum Pekajangan Kabupaten Pekalongan)

Nabillah, Siti Atika (2019) Peran pondok pesantren dalam pembentukan karakter santri putri (studi kasus di Pondok Pesantren Muhammadiyah Miftahul Ulum Pekajangan Kabupaten Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran pondok pesantren dalam pembentukan karakter santri putri di pondok pesantren Muhammadiyah Miftahul Ulum Pekajangan kabupaten Pekalongan dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter santri di pondok pesantren Muhammadiyah Miftahul Ulum Pekajangan kabupaten Pekalongan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran pondok pesantren dalam pembentukan karakter santri putri di Pondok Pesantren Muhammadiyah Miftahul Ulum Pekajangan Kabupaten Pekalongan? Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam pembentukan karakter santri putri di Pondok Pesantren Muhammadiyah Miftahul Pekajangan Kabupaten Pekalongan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Pondok Pesantren Muhamadiyah Miftahul Ulum Pekajangan Kabupaten Pekalongan adalah sebagai lembaga pendidikan, sebagai lembaga keilmuan, sebagai lembaga pelatihan, sebagai lembaga pemberdayaan masyarakat, sebagai lembaga bimbingan keagamaan, dan simpul budaya. Selanjutnya peran pondok pesantren dalam pembentukan karakter santri putri di pondok pesantren Muhammadiyah Miftahul Ulum Pekajangan Kabupaten Pekalongan dilakukan dengan menggunakan metode keteladanan yaitu ustadzah mencontohkan langsung terhadap santri putri dengan cara berkata yang baik dan perbuatan baik, kemudian dengan menggunakan metode pembiasaan yaitu ustadzah memberikan beberapa kegiatan dengan cara disiplin ke masjid, tilawah di masjid, dan bertutur kata yang sopan. Faktor pendukung pembentukan karakter santri putri di pondok pesantren Muhammadiyah Miftahul Ulum Pekajangan Kabupaten Pekalongan adalah guru/pendidik, keluarga, sarana dan prasarana. Adapun faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pembentukan karakter santri putri di pondok pesantren Muhammadiyah Miftahul Ulum Pekajangan Kabupaten Pekalongan, yaitu: (1). Faktor Pendukung meliputi: guru atau pendidik, keluarga, dan sarana serta prasarana. (2). Faktor Penghambat meliputi: lingkungan sosial atau masyarakat, terbatasnya sarana dan prasarana, serta pengaruh teknologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFauyan, MuchamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Pondok Pesantren, Pembentukan Karakter
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Noorma Fitriana M. Zain
Date Deposited: 23 Jun 2020 07:08
Last Modified: 23 Jun 2020 07:08
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/908

Actions (login required)

View Item View Item