Inna Wa Akhwatuha Dalam Juz ‘amma (Studi Analisis Nahwu)

Fahmi, Abdillah (2024) Inna Wa Akhwatuha Dalam Juz ‘amma (Studi Analisis Nahwu). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2217120_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (770kB)
[img] Text
2217120_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan Islam mengacu pada dua tuntunan, yaitu Alquran dan hadis. Keduanya menggunakan bahasa Arab. Alquran Al Karim adalah kitab suci yang diturunkan kepada nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam yang tidak lekang oleh waktu. Makna mutiara-mutiara yang terkandung dalam Alquran yang sangat indah. Alquran mempunyai beberapa corak dalam penyampaiannya, baik dalam segi Bahasa dan maknanya yang mengandung ilmu pengetahuan. Dalam Alquran ada beberapa jenis surat, yang terbagi menjadi dua yaitu madaniyah ayat yang diturunkan di Madinah dan ayat-ayat makkiyah yang diturunkan di Mekkah. Memahami Alquran ada beberapa macam tata caranya, ada yang mengurai ayat yang dibahasnya sehingga terperinci dan terpisah-pisah dari segala aspek. Dimulai dengan pengertian kosakata, hubungan kata, dan ayat dengan kata dan ayat berikutnya untuk menyampaikan maksud daripada tujuan Alquran tersebut. Alquran Juz 30 terdiri dari 37 Surat, yakni: An-Naba, An-Nazi’at, ‘Abasa, At-Takwir, Al-Infithar, Al-Mutaffifin, Al-Insyiqaq, Al-Buruj, At-Tariq, Al-A’la, Al- Ghasiyah, Al-Fajr, Al-Balad, Asy-Syams, Al-Lail, Ad-Dluhaa, Al-Insyirah, At-Tin, Al-‘Alaq, Al-Qadar, Al-Bayyinah, Az-Zalzalah, Al-‘Adiyat, Al-Qari’ah, At- Takatsur, Al-‘Ashr, Al-Humazah, Al-Fil, Al-Quraisy, Al-Maun, Al-Kautsar, Al- Kafirun, An-Nashr, Al-Lahab, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas. Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian yang penulis kepustakaan (library research), dapat pula disebut dengan istilah studi pustaka yaitu serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan pengumpulan pustaka, membaca, dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Teknik yang digunakan adalah analisis isi (content analysis), dengan menguraikan serta menganalisis dan memberikan pemahaman atas teks-teks yang dideskripsikan. Metode content analysis dipakai untuk mendapat keterangan dari sisi komunikasi, yang ditampilkan dalam bentuk lambang yang terdokumentasi atau didokumentasikan, baik dalam bentuk artikel, jurnal, buku, maupun karya-karya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Ayat-ayat yang mengandung Inna Wa Akhwatuha di dalam Juz ‘Amma yaitu Surat An-Naba’ ayat 17, 21, 27, 31, 41., Surat An-Nazi’at 17, 26, 39, 41, 46., Surat Abasa ayat 11 dan 25., Surat At-Takwir ayat 19., Surat Al-Infitar ayat 10, 13 dan 14., Surat Al Mutaffifin ayat 7, 15, 16, 18, 22, 29., Surat Al Insyiqoq ayat 6, 13, 14, 15., Surat Al Buruj ayat 10, 11, 12, 13., Surat At Tariq ayat ‌8, 13, 15., Surat Al A’la ayat ‌7, 18., Surat Al Gasyiyah ayat 25 dan 26., Surat Al Fajr ayat 14., Surat Al Lail ayat 4., Surat Al Lail ayat 12, 13., Surat Al Insyirah ayat 5‏ dan 6., Surat Al ‘Alaq ayat 6 dan 8., Surat Al Qadr ayat 1., Surat Al Bayyinah ayat 6 dan 7., Surat Al Zalzalah ayat 5., Surat Al ‘Adiyat ayat 6, 7, 8, 11., Surat Al ‘Asr ayat 2., Surat Al Humazah ayat 3, 8., Surat Al Kautsar ayat 1, 3., Surat An Nasr ayat 3.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBurhan, AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Juz ‘Amma, Analisis Inna Wa Akhwatuha Dalam Juz ‘Amma.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 18 Jul 2024 03:47
Last Modified: 08 Oct 2024 02:31
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9120

Actions (login required)

View Item View Item