Wahidah, Nurul (2024) Analisis Strategi Retro Branding dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM Pada ‘Kampung Jawa Pawone Simbah’ Kabupaten Batang: Perspektif Ekonomi Islam. Masters thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
50422026_Bab I dan Bab VII.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
50422026_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Berkembangnya tren retro branding dalam usaha mikro kecil menengah (UMKM) menjadikan Kampung Jawa Pawone Simbah berupaya mengembangkan strategi retro branding untuk meningkatkan daya saing usaha dalam perspektif ekonomi Islam. Namun, persaingan yang ketat dengan usaha kuliner modern, dan penguasaan teknologi menjadi kendala utama. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini merumuskan pertanyaan tentang efektivitas strategi retro branding dalam meningkatkan daya saing UMKM pada Kampung Jawa Pawone Simbah dan bagaimana penerapannya dalam perspektif ekonomi Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi retro branding yang diterapkan dalam usaha tersebut dan mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (SWOT) untuk meningkatkan daya saingnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus pada “Kampung Jawa Pawone Simbah. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, melibatkan pemilik usaha, karyawan, serta konsumen sebagai sumber data primer. Teknik analisis data menggunakan pendekatan Miles dan Huberman, yang meliputi reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi retro branding yang diterapkan pada Kampung Jawa Pawone Simbah mampu menarik minat konsumen melalui suasana vintage yang autentik, namun masih dihadapkan pada tantangan modernisasi dan persaingan yang ketat. Analisis SWOT mengidentifikasi kekuatan utama pada keunikan konsep retro yang didukung oleh penggunaan peralatan dan furnitur klasik sebagai warisan keluarga, sedangkan kelemahan terletak pada kurangnya fasilitas dalam teknologi modern. Peluang yang dimiliki adalah tren gaya hidup vintage yang semakin diminati, namun terdapat ancaman dari usaha kuliner modern yang lebih inovatif.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Retro Branding, Daya Saing UMKM, Kampung Jawa Pawone Simbah, SWOT, Ekonomi Islam. | ||||||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam | ||||||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ekonomi Syariah | ||||||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Pascasarjana | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Mar 2025 05:06 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Mar 2025 07:48 | ||||||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9136 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |