Sari, Dhiaroh Rahma (2024) Implementasi kurikulum merdeka dalam Pembelajaran bahasa arab di Kelas VII MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
Text
2220136_BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
2220136_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Kurikulum merdeka adalah suatu bentuk inovasi kurikulum dengan tujuan untuk menyembuhkan atas krisis pembelajaran di Indonesia. Kurikulum merdeka memberikan kebebasan bagi pendidik dan peserta didik untuk mengembangkan kompetensi peserta didik. Struktur kurikulum merdeka terdiri dari pembelajaran kognitif dan penanaman karakter melalui Projek Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Dalam pembelajaran reguler dengan kurikulum merdeka menggunakan pembelajaran aktif dengan diferensiasi pembelajaran berdasarkan minat bakat dan tingkat pemahaman peserta didik. Adapun rumusan masalah penelitian ini, yaitu bagaimana implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VII MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan? Dan apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas VII MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kurikulum merdeka pada pembelajaran bahasa Arab di kelas VII MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran bahasa Arab di kelas VII MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan. Penelitian ini diklasifikasikan sebagai penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data primer penelitian ini adalah wakil kepala bidang kurikulum, guru bahasa Arab dan peserta didik kelas VII MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan. Adapun data sekunder yang digunakan berupa buku, jurnal dan hasil penelitian sebelumnya. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran bahasa Arab di MTs Salafiyah NU Karanganyar Tirto Pekalongan sudah berjalan sesuai dengan tahap perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi. Hanya saja dalam penyusunan masih ada beberapa guru yang masih kesulitan dalam menyusun modul ajar dan beberapa guru dalam pelaksanaan mengajarnya belum sepenuhnya kurikulum merdeka masih monoton menggunakan full metode ceramah hal ini juga disebabkan oleh sarana prasarana yang kurang memadai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Bahasa Arab | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 19 Jul 2024 08:13 | ||||||||
Last Modified: | 19 Jul 2024 08:13 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9152 |
Actions (login required)
View Item |