Analisis problematika penerapan kurikulum merdeka belajar siswa kelas IV di SD Negeri 01 Wonorejo Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan

Hotimah, Riyati Husnul (2024) Analisis problematika penerapan kurikulum merdeka belajar siswa kelas IV di SD Negeri 01 Wonorejo Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2320124_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2320124_FULL TEXT B5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
2320124_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Salah satu komponen penting dalam pendidikan yang sering diabaikan adalah kurikulum. Kurikulum memiliki posisi strategis karena secara umum kurikulum merupakan deskripsi, visi, misi dan tujuan pendidikan untuk bangsa. Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di pendidikan menekankan pada siswa, memperhatikan karakteristik unik masing-masing seperti kepribadian, pengalaman, sudut pandang, latar belakang, bakat, minat, kemampuan serta kebutuhan belajar. Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti di SD Negeri 01 Wonorejo terdapat beberapa problematika yang dihadapi oleh guru kelas IV dalam penerapan Kurikulum Merdeka Belajar bahwa guru kesulitan dalam membuat modul ajar terutama pada strategi dan metode serta kurangnya fasilitas yang memadai. Tentu ini bisa menjadi tantangan bagi guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana problematika guru dalam penerapan Kurikulum Merdeka Belajar siswa kelas IV dan Bagaimana upaya guru dalam mengatasi problematika terhadap penerapan Kurikulum Merdeka Belajar siswa kelas IV di SD Negeri 01 Wonorejo Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu Wali Kelas IV dan Siswa Kelas IV. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Problematika guru dalam penerapan Kurikulum Merdeka Belajar siswa kelas IV di SD Negeri 01 Wonorejo yaitu pada perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Problematika yang dihadapi guru kesulitan untuk menentukan strategi dan metode yang tepat dalam pembelajaran. Selain itu kurangnya fasilitas yang memadai sehingga menghambat pembelajaran, guru belum menguasai metode yang variatif sehingga guru monoton menggunakan metode ceramah dan tanya jawab saat pembelajaran, orang tua siswa yang kurang kooperatif dalam kegiatan P5, serta kesulitan mengatasi siswa yang tertinggal dalam pemahaman materi sehingga mendapatkan nilai dibawah rata-rata. Upaya guru untuk mengatasi problematika terhadap penerapan Kurikulum Merdeka Belajar siswa Kelas IV di SD Negeri 01 Wonorejo yaitu dengan melakukan pertemuan rutin dengan Kelompok Kerja Guru (KKG) untuk memecahkan kesulitan yang dialami guru dalam penerapan Kurikulum Merdeka Belajar, membuat karya kegiatan P5 dengan barang bekas untuk meminimalisir keuangan yang dikeluarkan dalam membeli bahan-bahan, serta mengikuti seminar dan workshop Kurikulum Merdeka Belajar guna menambah wawasan dan meningkatkan kreativitas guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAnnur, Aan FadiaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problematika, Penerapan, Kurikulum Merdeka Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:33
Last Modified: 02 Sep 2024 02:43
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9200

Actions (login required)

View Item View Item