Pengaruh metode menghafal terhadap perkembangan aspek kognitif siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits kelas V di MII Banyurip Ageng 01 Kota Pekalongan.

Zulfa, Milatul (2018) Pengaruh metode menghafal terhadap perkembangan aspek kognitif siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits kelas V di MII Banyurip Ageng 01 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover, Bab I - V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id

Abstract

Pendidikan pada hakikatnya mencakup kegiatan mendidik, mengajar dan melatih sebagai suatu usaha untuk mentransformasikan nilai-nilai. Agar proses transformasi nilai berjalan dengan baik dan lancar maka ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, salah satunya yaitu adanya metode pendidikan yang sesuai dengan kemampuan pendidik, sesuai dengan perkembangan peserta didik, sesuai dengan materi dan tujuan yang akan dicapai serta sesuai dengan situasi dan kondisi dimana pendidikan berlangsung. Dengan demikian, metode yang sesuai yang diterapkan oleh guru akan berdaya guna dan berhasil guna serta mampu digunakan dalam mencapai tujuan pendidikan yang diterapkan. Salah satu “metode kuno” yang masih diterapkan di sekolah-sekolah keagamaan (Madrasah atau Diniyah) adalah metode menghafal. Metode ini merupakan metode yang sudah tua (lama) tetapi entah mengapa metodi ini masih dipakai. Kebanyakan yang menggunakan metode ini adalah pesantren-pesantren, yang mungkin merupakan model atau ciri khas pendidikan Agama di Indonesia. Metode menghafal ini pasti memberikan dampak terhadap aspek-aspek pendidikan baik itu aspek kognitif, afektif maupun psikomotor. Berdasarkan latar belakang diatas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode menghafal pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits siswa kelas V di MII Banyurip Ageng 01 Kota Pekalongan? 2) Bagaimana perkembangan aspek kognitif siswa pada mata pelajaran al-Qur’an hadits kelas V di MII Banyurip Ageng 01 Kota Pekalongan? 3) Adakah pengaruh metode menghafal terhadap perkembangan aspek kognitif siswa pada mata pelajaran al-Qur’an hadits kelas V di MII Banyurip Ageng 01 Kota Pekalongan?. Tujuan penulisan skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan metode menghafal pada mata pelajaran al-Qur’an hadits siswa kelas V di MII Banyurip Ageng 01 Kota Pekalongan 2) Untuk mengetahui perkembangan aspek kognitif siswa pada mata pelajaran al-Qur’an hadits kelas V di MII Banyurip Ageng 01 Kota Pekalongan 3) Untuk mengetahui adanya pengaruh metode menghafal terhadap perkembangan aspek kognitif siswa pada mata pelajaran al-Qur’an hadits siswa kelas V di MII Banyurip Ageng 01 Kota Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya seluruh siswa kelas V di MII Banyurip Ageng 01 Kota Pekalongan tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 36 siswa. Sampel yang diteliti sebanyak 36 siswa kelas V di MII Banyurip Ageng 01 Kota Pekalongan tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah populasi sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara/interview, angket/kuesioner dan dokumentasi. Pengujian instrumen meliputi uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Metode menghafal yang diterapkan dalam mata pelajaran al-Qur’an hadits kelas V di MII Banyurip Ageng 01 Kota Pekalongan termasuk dalam kategori cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil angket tentang penerapan metode menghafal pada mata pelajaran al-Qur’an hadits kelas V di MII Banyurip Ageng 01 Kota Pekalongan memiliki nilai rata-rata 47. Nilai tersebut berada dalam interval kelas 45-48 yang masuk dalam kategori kualifikasi cukup baik. Kedua, Perkembangan aspek kognitif siswa kelas V di MII Banyurip Ageng 01 Kota Pekalongan termasuk dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai hasil belajar siswa kelas V atau nilai rapot yang memiliki nilai rata-rata 86. Nilai tersebut berada dalam interval kelas 86-90 yang termasuk dalam kategori kualifikasi baik. Ketiga, bahwa ada pengaruh metode menghafal terhadap perkembangan aspek kognitif siswa pada mata pelajaran al-Qur’an hadits kelas V di MII Banyurip Ageng 01 Kota Pekalongan. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana. Pada tingkat signifikansi 5% Ttest (3,971) > Ttabel (1,69092), sehingga Ha diterima dan HO ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode menghafal terhadap perkembangan aspek kognitif siswa pada mata pelajaran al-Qur’an hadits kelas V di MII Banyurip Ageng 01 Kota Pekalongan. Besar koefesien determinasi adalah 0,505 mengandung pengertian bahwa pemgaruh variabel bebas (independent) terhadap perubahan variabel terikat (dependent) adalah 50,5%. Sedangkan sisanya 49,5% (100% - 50,5%) di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak ada dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMaulida, ChusnaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Menghafal, Perkembangan Aspek Kognitif
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nuzulul Nuzulul
Date Deposited: 24 Jun 2020 03:33
Last Modified: 24 Jun 2020 03:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/923

Actions (login required)

View Item View Item