Penerapan Metode Bandongan Dalam Pembelajaran Kitab Jurumiyyah Bagi Santri Di Yayasan Graha Cendekia Al-Karomah Kajen Pekalongan

Fauziah, Laelatul (2024) Penerapan Metode Bandongan Dalam Pembelajaran Kitab Jurumiyyah Bagi Santri Di Yayasan Graha Cendekia Al-Karomah Kajen Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2220093_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (692kB)
[img] Text
2220093_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/portal-pustak...

Abstract

Metode pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam proses pembelajaran. Kesesuaian pendidik dalam memilih metode pembelajaran adalah salah satu faktor tercapainya keberhasilan pendidik dalam pembelajaran. Pembelajaran nahwu di Yayasan Graha Cendekia Al-Karomah Kajen Pekalongan menggunakan metode bandongan. Presepsi pendidik mengenai penerapan metode bandongan pada pembelajaran ilmu nahwu akan berdampak positif bagi santri pemula yang sebagian besar latar belakang peserta didik bukan dari lulusan pondok pesantren sehingga sebagian besar santri di Yayasan Graha Cendekia Al-Karomah belum pernah belajar ilmu nahwu. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalahnya adalah: Bagaimana metode bandongan dalam pembelajaran kitab Jurumiyyah bagi santri di Yayasan Graha Cendekia Al-Karomah Kajen Pekalongan dan apa kelebihan dan kekurangannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengamati dan menganalisa bagaimana metode bandongan dalam pembelajaran kitab Jurumiyyah bagi santri di Yayasan Cendekia Al-Karomah Kajen Pekalongan dan mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang luas bagi peneliti dan pendidik betapa pentingnya suatu metode dalam pembelajaran terkhusus pembelajaran nahwu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bandongan dalam pembelajaran kitab Jurumiyyah bagi santri di Yayasan Graha Cendekia Al-Karomah Kajen ini sudah baik karena sudah sesuai dengan langkah-langkah pada pembelajaran, yaitu pendidik melakukan tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pembelajaran. Adapun kelebihan penerapan metode bandongan dalam pembelajaran kitab Jurumiyyah bagi santri di Yayasan Graha Cendekia Al-Karomah Kajen yaitu lebih cepat dan praktis, Mendorong santri untuk belajar mandiri dan kreatif, sangat efisien dan kualitas mutu pendidik menjadi meningkat dan kekurangannya yaitu banyak memakan waktu, keterbatasan fasilitas saat pembelajaran, sehingga menumbuhkan rasa malas kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuasomah, MuasomahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Bandongan, Pembelajaran Nahwu, Kitab Jurumiyyah
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 22 Jul 2024 03:36
Last Modified: 10 Oct 2024 03:32
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9252

Actions (login required)

View Item View Item