Pengaruh Kualitas Produk Dan Kemaslahatan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Konsumen Muslim Di Distributor Air Minum Hexsoul Cabang Kota Pekalongan)

ANDRIYANI .S, PUTRI (2019) Pengaruh Kualitas Produk Dan Kemaslahatan Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Konsumen Muslim Di Distributor Air Minum Hexsoul Cabang Kota Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.

[img] Text
2013114052 PUTRI ANDRIYANI.S. BAB I, V DAN LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2013114052 PUTRI ANDRIYANI.S. BAB I - V FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Andriyani S, Putri. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Kemaslahatan Produk terhadap Kepuasan Konsumen melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen Muslim di Distributor Air Minum Hexsoul Cabang Kota Pekalongan). Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Dosen Pembimbing: H. Gunawan Aji M.Si Kepuasan konsumen merupakan tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan antara apa yang dia terima dan sesuai yang diharapkan. Seorang konsumen akan merasa puas jika apa yang diharapkan sesuai dengan yang diinginkannya. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen yaitu yang pertama kualitas produk. Jika kualitas dari produk tersebut baik dan sesuai dengan yang dibutuhkan konsumen, maka konsumen akan membeli produk tersebut. Selain kualitas produk, kemaslahatan produk juga akan mempengaruhi konsumen untuk memutuskan membeli produk tersebut atau tidak karena di dalam al-qur'an juga menganjurkan untuk mengkonsumsi makanan/minuman yang halal, mempunyai manfaat untuk tubuh dan menghindari mengkonsumsi yang menyebabkan banyak mudharatnya. Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang melakukan pembelian air minum Hexsoul lebih dari lima kali di distributor air minum Hexsoul cabang kota Pekalongan sebanyak 234 konsumen dengan sampel sejumlah 100 responden menggunakan rumus Donald R.Cooper dan C.William Emory. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling lalu dilakukan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,244 , nilai signifikasi 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H diterima (2) kemaslahatan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,304, nilai signifikasi 0,000 < 0,05 sehingga dapat di simpulkan bahwa H diterima (3) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan tehadap kepuasan konsumen dengan signifikansi sebesar 0,002 dan nilai koefisien regresi sebesar 0, 140, signifikasi 0,002 < 0,05 sehingga dapat di simpulkan bahwa Hs diterima (4) kemaslahatan berpengaruh positif dan signifikan tehadap kepuasan konsumen dengan signifikansi sebesar 0,022 dan nilai koefisien regresi sebesar 0, 140, signifikasi 0,022 < 0,05 sehingga dapat di simpulkan bahwa H diterima (5) keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan tehadap kepuasan konsumen dengan signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien regresi sebesar 0,399, signifikasi 0,000 < 0,05 sehingga dapat di simpulkan bahwa Hs diterima (6) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan tehadap kepuasan konsumen melalui keputusan pembelian dengan signifikansi sebesar 0,000 dan nilai koefisien regresi sebesar

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAji, H. GunawanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kemaslahatan Produk terhadap Kepuasan Konsumen
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 331.12 Labor Market/Pangsa Kerja
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Rizi Jawani
Date Deposited: 21 Aug 2025 04:51
Last Modified: 21 Aug 2025 04:51
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/9258

Actions (login required)

View Item View Item